IndoBuildTech Expo 2024 Dorong Penggunaan Produk Lokal di Proyek Infrastruktur

0
168
Sekjen PUPR Mohammad Zainal Fatah saat menghadiri IndoBuildTech Expo Part 2 2024 di ICE BSD, Tanggerang, Banten (Foto: Biro Komunikasi Publik PUPR)

(Vibizmedia – Nasional) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong penggunaan produk dalam negeri (PDN) dan pemberdayaan kontraktor lokal dalam proyek-proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Arahan ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah, yang mewakili Menteri PUPR dalam pembukaan IndoBuildTech Expo Part 2 2024 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Rabu (7/8/2024).

IndoBuildTech Expo adalah pameran material bangunan, arsitektur, dan interior terbesar di Indonesia. IndoBuildTech Expo 2023 lalu melibatkan perwakilan dari 17 negara, 500 brand, dan menarik lebih dari 78 ribu pengunjung, menjadikannya ajang yang sangat penting bagi pelaku industri konstruksi di Indonesia.

“Penggunaan produk dalam negeri bukan hanya soal mendukung pertumbuhan ekonomi, tetapi juga merupakan wujud nyata dari upaya kita untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kualitas produk lokal. Ini akan membantu kita mengurangi ketergantungan pada produk impor,” ujar Zainal Fatah dalam keterangan pers pada Kamis (8/8/2024).

Sekjen PUPR menyebut bahwa dalam proyek infrastruktur yang dikelola oleh Kementerian PUPR, penggunaan material dan peralatan konstruksi yang merupakan produk dalam negeri telah mencapai lebih dari 90 persen.

“Kami terus mendorong keterlibatan UMKM lokal melalui pemanfaatan katalog sektoral, yang menjadi bagian dari strategi kami untuk memberdayakan industri lokal,” ujarnya.

Zainal juga memberikan apresiasi kepada PT Debindo ITE atas konsistensinya dalam mendukung sektor konstruksi Indonesia melalui penyelenggaraan IndoBuildTech Expo. “Saya berharap IndoBuildTech Expo Part 2 2024 ini tidak hanya menjadi ajang untuk memamerkan produk dan teknologi terbaru, tetapi juga sebagai forum untuk kolaborasi, pengembangan potensi, dan inovasi di bidang konstruksi dan infrastruktur,” kata Zainal.

Pameran ini membuktikan bahwa industri konstruksi Indonesia siap untuk bertransformasi dan beradaptasi dengan tantangan zaman, termasuk dalam penerapan teknologi ramah lingkungan dan penggunaan material bangunan yang efisien.

Direktur PT Debindo ITE, Rafidi Iqra Muhammad, menyambut baik dukungan Kementerian PUPR dan kementerian/lembaga terkait lainnya dalam penyelenggaraan IndoBuildTech Expo Part 2 2024 ini.

“Tahun ini, IndoBuildTech diikuti oleh lebih dari 500 brand di sektor konstruksi, baik nasional maupun internasional. Ini merupakan bagian dari upaya untuk menumbuhkan ekosistem jasa konstruksi infrastruktur dan bangunan, serta mendorong sinergi dan kolaborasi dalam pengembangan produk-produk jasa konstruksi,” ungkap Rafidi.