Pentingnya Peran Aktif Dunia Usaha dan Industri Membangun SDM Terampil di Indonesia

0
198
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Industri 02 di Pati, Jawa Tengah pada Rabu (15/5/2024)(Foto : Kemnaker)

(Vibizmedia – Pati, Jawa Tengah) Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi peran aktif dunia usaha dan dunia industri dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) terampil di Indonesia.

Menaker menyampaikan hal ini saat mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Industri 02 di Pati, Jawa Tengah pada Rabu (15/5/2024).

Menaker melanjutkan bahwa saat ini dunia usaha dan dunia industri telah banyak memberikan perannya dalam pembangunan SDM terampil. Hal ini ditunjukkan di antaranya dengan dibangunnya sejumlah SMK di bawah naungan Yayasan Mitra Industri Mandiri.

Dalam siaran pers pada Kamis (16/5/2024) Menaker menyampaikan rasa syukurnya melihat kehadiran SMK yang dibidangi langsung oleh dunia usaha atau dunia industri. Itu hasil karya yang berbeda karena dikelola langsung oleh praktisinya.

Ida Fauziyah juga mengapresiasi program Gerakan 1.000 Pengusaha Mengajar yang diinisiasi oleh APINDO pada awal 2024 ini guna mendorong para pengusaha untuk mengembangkan SDM terampil di Indonesia, khususnya di daerah-daerah.

Ida menyampaikan bahwa program tersebut sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi.

Ida menambahkan, output pendidikan vokasi, dari awal harus menjadi tanggung jawab bersama dunia pendidikan dan pelatihan dengan dunia usaha dan dunia industri.

Selain membantu link and match penyediaan SDM terampil, Ida Fauziyah meyakini dengan partisipasi aktif dunia usaha dan industri akan membantu menekan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Per Februari 2024, TPT Indonesia sudah mencapai 4,82 persen dan menjadi yang terendah sejak era reformasi.

Menaker Ida menyatakan, pada saat pandemi sangat down dan galau karena tingkat pengangguran sangat tinggi. Perlahan-lahan telah melampaui sebelum pandemi. Ini adalah hasil kerja keras semua pihak.