Wana Wisata Kawah Putih Menerapkan Jesresi Untuk Kurangi Emisi di Kawasan Hutan

0
267

(Vibizmedia – Bandung) Perhutani melalui anak perusahaannya Econique menerapkan biaya “Jasresi” di Wana Wisata Kawah Putih dengan tujuan mengurangi emisi di kawasan hutan.

Jasresi merupakan singkatan dari Jasa Reduksi Emisi, artinya dengan membayar charge jasa reduksi emisi maka pengunjung telah ikut berpartisipasi melestarikan hutan dan lingkungan. Jasresi mencakup reboisasi hutan, pengamanan kawasan hutan, kebersihan area publik, pemberdayaan masyarakat setempat dan peningkatan mutu pelayanan guna kenyamanan parkir di kawasan Kawah Putih.


Dengan melakukan reboisasi akan didapatkan manfaat sebagai berikut: mencegah terjadinya erosi tanah yang bisa disebabkan oleh angin dan juga air hujan yang berturut-turut
,  menjaga keanekaragaman satwa agar tetap lestari, membuat udara tetap bersih dan sehat terutama bagi makhluk hidup yang ada di bumi, 
membuat tanah tetap kokoh sehingga resiko tanah longsor bisa dihindari
, kurangi efek dari pencemaran udara dan global warming.

Pengamanan lingkungan dilaksanakan oleh Polisi hutan menjaga adanya hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran hutan dan penebangan liar.


Wana Wisata Kawah Putih juga memberdayakan masyarakat setempat guna meningkatkan perekonomian dengan menyediakan usaha jasa pariwisata.

Demi kenyamanan para pengunjung berwisata, kebersihan kawasan hutan wisata Kawah Putih selalu dijaga sehingga bebas dari sampah. Kebersihan lokasi wisata menjadi prioritas utama, yang telah memenuhi kriteria CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.