Harga Gula Turun Dipengaruhi Turunnya Harga Minyak Mentah

0
396

(Vibiznews – Commodity) – Harga gula mixed  pada penutupan hari Kamis, karena harga gula di New York turun karena harga minyak mentah turun sedangkan harga gula di London meningkat karena melemahnya kurs GBP.

Tebu adalah bahan baku untuk etanol, yang menjadi bahan bakar substitusi pengganti  minyak mentah sehingga harga etanol berlawanan dengan harga minyak. Kalau harga minyak mentah turun maka orang akan memakai minyak mentah sebagai bahan bakar, sebaliknya kalau harga minyak mentah naik maka orang akan menggantikannya dengan etanol, sehingga permintaan etanol meningkat.

Meningkatnya permintaan etanol maka akan banyak tebu digiling untuk etanol dibanding untuk membuat gula akibatnya harga gula meningkat. Kalau permintaan etanol turun, persediaan tebu lebih banyak dibuat gula, sehingga harga gula turun.

Harga gula Maret di  ICE  New York  turun $6 (0.48%) menjadi $12.6 per pound dan harga gula putih Desember di ICE London naik 0.59%.

Harga gula mixed pada hari Selasa, harga gula di New York turun karena melemahnya harga minyak mentah yang akan menyebabkan turunnya harga etanol sehingga tebu yang digiling untuk etanol berkurang dan membuat persediaan tebu meningkat sehingga harganya turun.

Sedangkan di London harga gula meningkat karena melemahnya kurs GBP/USD ke terendah satu bulan sehingga harganya mahal dalam pound.

Harga gula turun ke dua minggu terendah  hari Senin setelah pengumuman dari USDA Foreign Agricultural Service (FAS) meningkatkan perkiraan jumlah tebu yang digiling sebesar 635 MMT dari perkiraaan April sebesar 627 MMT.

Harga gula Desember di London naik ke tertinggi tujuh bulan pada hari Jumat dan harga gula di New York naik ke tertinggi 1.5 bulan pada hari Rabu karena menurunnya persediaan gula.

http://vibiznews.com/2019/10/09/harga-gula-turun-mengikuti-turunnya-harga-minyak-mentah/

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here