Pernah mencoba crêpes? Pasti Anda tidak akan melupakan kerenyahannya.

Crêpes, Citarasa Perancis (Foto: Simon Wagner/Vibizmedia)

Crêpes, tentunya merupakan salah satu penganan asal Perancis yang berhasil berkembang oleh Industri Kreatif Indonesia. Crêpe sendiri bila diterjemahkan  dalam bahasa Indonesia, artinya adalah meringkuk.

Peganan  Crêpes  seperti kue dadar bebentuk bundar tipis  sesuai dengan loyangnya. Rasanya renyah, legit dan tentu saja sedap. Kemudian isinya dapat dimodifikasi sesuai dengen selera orang Indonesia, yaitu buah-buahan dicampur dengan cokelat, vanila atau es krim. Hmm… benar benar menggiurkan. Penganan ringan ini sangat populer di Eropa hingga merambah ke benua lain.

Sejatinya, crêpe berasal dari sebuah daerah di  bagian Barat Perancis, bernama Bretagne.  Kue ini mirip dengan Panekuk tipis yang terbuat dari gandum.  Bahan utamanya adalah terigu, telur, susu, mentega, dan garam. Terdapat dua jenis crêpe, yaitu crêpe manis yang terbuat dari tepung gandum dan crêpe asin yang terbuat dari tepung buckwheat.

Proses pembuatan Crêpes, Citarasa Perancis (Foto: Simon Wagner/ Vibizmedia)

Untuk membuat kue crêpe  sangat mudah. Bahan-bahannya praktis dan  mudah di dapat di pasar sekitar kita. Seperti Tepung terigu, Telur, Baking Soda, mentega, garam, choco chip, pisang, meises dan sesuai selera sebagai isinya.  Alat-alat yang dibutuhkan adalah panci teflon dan whisker.

Di pusat perbelanjaan kota besar di Indonesia sangat mudah menemukan crêpe. Harganya sangat terjangkau kantong. Kalau kita makan peganan yang satu ini, lidah kita akan dimanjakan oleh cita rasa Prancis dengan bahan lokal Indonesia.  dengan crêpe. kita dapat mengatakan   “oh la la c’est delicieux”  (Amboy nikmat sekali rasanya…).

Jadi kalau Anda belum pernah  pergi ke Perancis. tak usah khawatir. Segeralah mencari crêpe. Anda akan merasa  cita rasa Perancis di mulut Anda. Menakjubkan bukan?

55 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here