(Vibizmedia – Manajemen) – Saat ini, bisa dikatakan, hampir semua toko yang menjual produknya, terutama produk dalam bentuk fisik, pasti punya social media untuk memasarkan produknya. Bukan hanya di social medianya saja, tetapi terkadang ia juga menjualnya di toko online yang sudah ternama, seperti Tokopedia misalnya.

Menjual secara online, sudah pasti akan menemukan banyak kompetitor. Apalagi, jika kompetitor memang menjual barang yang “mirip”. Mungkin ada yang bilang, “jual saja dengan harga yang murah”. Ya, pernyataan itu tidak sepenuhnya salah. Tetapi, ada hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu kecepatan dalam merespon pembeli.

Kenapa Fast Response Sangat Diperlukan?

Karena pembeli sangat menuntut jawaban dalam waktu yang cepat!

Percaya atau tak percaya, ketika pembeli menanyakan sesuatu kepada penjual lewat pesan, baik melalui social media ataupun toko online, pembeli sangat mengharapkan jawaban yang secepat-cepatnya.

Penjual yang komunikatif, tentu adalah nilai tambah tersendiri di mata konsumen. Hal itu, juga “nyambung” dengan karakter masyarakat Indonesia yang suka dan pandai dalam berkomunikasi. Karena itu, tak heran, jika kemampuan penjual dalam berkomunikasi, sangat diperhitungkan pembeli untuk membuat keputusan dalam menentukan pembelian.

Jenis Fast Response Apa Yang Sangat Diperlukan?

Yang SOPAN, tapi AKRAB!

Pertanyaannya kini, bagaimana caranya agar bisa sopan tapi akrab? Nah, untuk memenuhi hal tersebut, sangat diperlukan communication skill atau keahlian dalam berkomunikasi.

Sebagai penjual, memang pantang sekali untuk lambat merespon. Tetapi, tetap harus ada hal penting yang harus diperhatikan pembeli ketika menjawab pertanyaan konsumen, yaitu: harus menganggap konsumen sebagai temannya, tetapi tetap harus memperhatikan sisi kesopanan.

Contohnya, boleh saja pembeli memakai sebutan “Kak” kepada konsumen, tetapi harus tetap mengutamakan tata krama. Seperti misalnya “Ya Kak, ada yang bisa dibantu?”

Kalimat “ada yang bisa dibantu?” itu memperlihatkan tata krama yang ada. Sedangkan sebutan “Kak”, memang terlihat lebih akrab, dan bisa membuat konsumen serasa seperti berteman dengan penjual.

Kalau Anda menyebutkan kata “Bapak” atau “Ibu”, itupun sangat diperbolehkan. Tetapi ingat, memposisikan pembeli sebagai raja sekaligus sahabat, itu sangatlah penting. Kenapa? Karena jika pembeli yang sudah merasa penjual seperti temannya, pada akhirnya bisa membuka peluang bagi penjual untuk mendapatkan repeat order dari pembeli. Luar biasa, kan?

Nah, sudah menyadari kan pentingnya fast response dalam penjualan online? Jadi, mulailah membudayakan fast response jika Anda ingin sukses memasarkan produk Anda secara online. Jika Anda sudah terkenal sebagai penjual yang fast response, peluang kesuksesan Anda dalam berbisnis secara online, pastilah akan semakin besar.

Salam semangat!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here