Tiara Adikusumah : Nggak Bisa Lah Instan, Harus Step By Step!

0
176

(Vibizmedia – Liputan Khusus) – Di tengah maraknya bisnis kosmetik dengan brand lokal, Tiara Adikusumah, Founder Polka Cosmetics, berani membuktikan bahwa ia tak takut untuk bersaing.

Bersama dengan beberapa orang partner nya, Tiara memulai bisnis kecantikan dengan brand Polka Cosmetics, pada tahun 2015. Nama Polka sendiri, artinya folk dance. “Jadi kita merasa kayak folk dance itu mewakili dari vibe nya Polka yang kita tampilkan. Di produk-produk awal kita, juga nama-nama produknya ke arah situ, jadi ada maraccas, ada tambourine, juga alat musik jiggle giggle dan get in the swing.” kata Tiara.

Tak Ada Hal Yang Instan

Dalam menekuni bisnis kosmetiknya, Tiara nampaknya sadar betul akan banyaknya kompetitor yang memasarkan produk serupa. “Namanya competition, itu pasti ada dan kita yakini. Apalagi dengan dunia digital, semua semakin mudah. Pastilah kalau semua serba mudah, pasti banyak orang ter challenge untuk bikin bisnis yang serupa, dan itu merupakan tantangan tersendiri buat kita. Tapi aku yakin sesuatu tidak ada yang instan.” ungkap Tiara.

Soal menghargai proses, Tiara memang benar-benar paham akan hal itu. Lebih dari satu kali, ia menekankan bahwa dalam berbisnis tidak ada yang instan. Termasuk di dalam upaya promosi dan branding yang dilakukannya. Dengan jelas, ia mengatakan “kalau soal promotion dan branding itu kita nggak bisa lah instan. Kita harus kayak step by step, step by step, gak bisalah dalam waktu setahun, dua tahun.”

Tiara menyadari, banyaknya segala sesuatu yang serba instan, seperti social media, membuat para millenials juga anak-anak muda, mengharapkan hasil yang instan. Bagi Tiara, hal seperti itu (instan-red), tentu tidak bisa, karena dalam berbisnis, seorang entrepreneur harus tahu menghargai proses yang ada.

Mengutamakan honest review sebagai kunci kesuksesan berbisnis

Ada yang unik dari strategi bisnis yang dilakukan Tiara, yaitu mengutamakan honest review, atau ulasan jujur.

Baginya, ulasan jujur itu lebih penting daripada endorsement atau promo berbayar. “Kita memang semuanya itu promosinya memang ke influencer itu lebih baik yang honest gitu. Jadi mungkin itu terasa juga ke konsumen, oh ini bener nih, honest. Dia bukan berbayar nih, atau dia bukan karena ada endorsement, atau apa gitu. Nah, kita terus ke situ untuk meng gain trust konsumen juga.” ungkap Tiara.

Selain itu, packaging yang instagramable menjadi andalannya. Ia yakin, dengan bentuk kemasan yang menarik, maka dengan sendirinya orang akan mau melakukan posting di social media miliknya.

Setiap orang bisa go international

Selain sukses di Indonesia, brand Polka Cosmetics juga sudah berhasil melebarkan sayapnya di negara lain, yaitu di Amerika Serikat, Australia, dan Malaysia.

Ketika ditanya pendapatnya mengenai rahasia suksesnya menjadi beautypreneur yang go international, ia justru menyemangati bahwa setiap orang kini pasti bisa go international. “Memang, digital semuanya memudahkan kita untuk yang tadinya go international tuh kayaknya lama, sekarang tuh mungkin bisa gitu. Bisa itu, dan benar-benar doable banget. Jadi menurut aku sih, sekarang not so special ya, go international itu, kayak I think anyone can do it. Nggak cuma Polka doang.” katanya.

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here