Presiden Jokowi: Pramuka Berperan Dalam Pembentukan Karakter Kehidupan Berbangsa

0
201
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri upacara peringatan Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur. FOTO: VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia-Jakarta) Presiden Joko Widodo, menghadiri peringatan hari ulang tahun ke-58 Pramuka di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, pada Rabu (14/8).

Pada peringatan hari Pramuka kali ini mengambil tema “Gerakan Pramuka Bersama Segenap Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”.

Dalam pembukaannya, sebagai upaya mengurangi sampah plastik. Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso mengatakan setiap peserta diberikan satu botol minum dan bisa mengambil air dari galon yang telah disediakan.

Selain itu, Budi Waseso juga memberikan anugerah penghargaan tertinggi yaitu Tunas Kencana kepada Presiden Joko Widodo.

Penghargaan ini diberikan, menurut Budi karena Presiden Jokowi menjadi Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka selama lima tahun.

Dengan pertimbangan, Bapak sebagai Presiden sudah menjabat Ketua Majelis Pembimbing Nasional selama 5 tahun, juga Presiden RI merupakan Pramuka Utama sesuai AD/ART, ungkapnya Budi Waseso.

Presiden sebelumnya juga mendapatkan anugerah serupa, yakni Soeharto, BJ Habibie, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden
Jokowi menilai, tema yang diusung tersebut sangat dekat untuk menyikapi situasi dan dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini.

Maraknya berbagai permasalahan yang kita hadapi dari penyalahgunaan narkoba, masih adanya tawuran, masih adanya sikap intoleransi dan media sosial yang penuh hoaks dan pornografi dan ujaran kebencian. Pramuka tekankan pendidikan dan pembentukan karakter berperan penting tanggulangi masalah itu, jelas Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here