Buat kamu yang mau terlihat lebih keren, smart, berseni dan agak menawan, kamu bisa mencoba untuk belajar satu bahasa asing lagi selain bahasa Inggris. Ambillah Bahasa Perancis.  Kenapa harus  Bahasa Perancis?  Banyak yang bilang bahasa Perancis itu keren, berseni,  paling indah dan paling romantis…

Kalau sekilas didengar,  pengucapannya  banyak terdengar  bunyi  sengau atau lebih tepatnya  seperti orang yang sedang terkena pilek. Intonasinya sangat khas seperti nyanyian, dan yang paling menarik dari bahasa ini adalah memang terdengar seperti bunyi-bunyian indah dan menawan yang keluar dari mulut dan kerongkongan kita.

Bahasa Perancis sendiri menduduki peringkat ke-11 bahasa yang paling banyak dituturkan di dunia. Termasuk 5 Bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Ada beberapa ucapan bahasa Perancis yang  sudah mendunia dan tidak ada salahnya kamu pelajari. Karena belajar bahasa asing sudah terbukti membuat otak kita jadi  lebih pintar dan terhindar dari penyakit Alzeimer dan segala kepikunan.

Nah, beberapa kata dalam Bahasa Perancis ini, bisa dipelajari. Paling tidak, bisa buat bekalmu kalau sedang berlibur ke Perancis :

1. Bonjour (baca: bongzjur): Dalam bahasa Inggris artinya “good day”. Digunakan untuk mengucapkan  selamat pagi, siang hingga sore hingga jam 18.00.

2. Bonsoir (baca: bongswa):  Mulailah berlatih mengucapkannya berkali-kali. Dalam bahasa  Perancis,  huruf “oi” dibaca “wa”. Sehingga kita mengucapkannya “bongswa”.    Artinya: selamat sore. (Nah disini sudah mulai terasa kalau bahasa ini terdengar indah, bukan?).

3. Bonne Nuit (baca: bonn nuih): Kalau mau berpisah dengan orang dimalam hari, kita harus mengucapkan kalimat ini. Lazim juga kalimat ini berarti “Selamat tidur”.

4. Au Revoir – à bientôt  (baca: o revwa- a biento): Kalau kita berpisah dengan orang, ucapkanlah kalimat ini yang berarti “sampai jumpa lagi”. Ada baiknya kita lengkapi dengan “à bientôt”  yang berarti “see you soon”. Biasanya kalau kita ucapkan kalimat ini, orang tersebut akan tersenyum karena menganggap kita orang yang ramah.

5.  Bon Voyage (baca: bong vwayajj): Artinya Selamat jalan kalau kita mau berpisah dengan teman, keluarga atau siapa saja yang akan berpergian jauh.

6. Enchanté (baca: angsyangté): Artinya ‘’sangat senang sekali’’. Biasanya kita pakai kalimat ini setelah berkenalan dengan orang lain. Buat saya pribadi, kalimat ini terdengar sangat indah sekali. Apalagi kalau orang yang berkenalan dengan kita sangat baik.

7. Merci-Je vous en prie (baca: Mersi- jze vwu zang pri): Artinya ‘’Terimakasih’’. Semua orang didunia selalu mengatakan demikian setelah mendapatkan sesuatu. Dalam bahasa Indonesia, kita akan mengatakan ‘’Terimakasih kembali’’ setelah kata ‘’terimakasih’’.

Dalam bahasa Prancis, kita katakan ‘’ Je vous en prie yang secara harfiah artinya ‘’ saya mendoakanmu’’. Luar biasa indah, bukan?

8. Déjà vu (baca: déjà vu): Artinya sudah pernah lihat.

9. Bravo!  (baca: Bravo!): Serapan dari bahasa Italia yang artinya hebat. Biasanya orang akan berteriak Bravo dalam keadaan berdiri dan bertepuk tangan  setelah merasa puas dan terkesan  menyaksikan sebuah pertunjukan.

10. Encore! (baca: Angkor): Artinya dalam bahasa Inggris “More”. Suatu ungkapan perasaan  puas dan ingin minta diulang lagi setelah menonton pertunjukan ataupun mecicipi masakan enak.

11. Bon Appétit  (baca: bong appéti): Artinya “Selamat Makan”. Orang Perancis termasuk senang makan.  Kulinernya mendunia seperti Roti Croissant dan Crepes. Jadi sebelum makan bersama, silahkan mengucapkan kalimat ini.

12. Gratuit (baca: gratui): Salah satu kata serapan Bahasa Indonesia dari bahasa Perancis yang artinya “gratis”.

Mudah-mudahan, beberapa kata dalam bahasa Perancis ini menambah wawasan kita bersama tentang bahasa dan budaya Perancis.

Selamat mencoba!

13 COMMENTS

  1. Indah terdengar bahasa Perancis walaupun ngucapinnya agak susah.. terimakasih artikelnya jadi menambah wawasan bahasa Perancis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here