Harga Minyak Dunia Anjlok Parah Karena Serangan Trump ke China

0
386

(Vibizmedia-Commodity) – Harga minyak mentah dunia kembali anjlok setelah perdagangan sebelumnya dikecewakan oleh pernyataan Ketua Fed Jerome Powell yang kurang dovish, menutup perdagangan sesi Amerika Jumat (02/08) dini hari jatuh sangat tajam ke posisi terendah 2 bulan di tengah kekhawatiran bahwa ekonomi global akan semakin melemah setelah Presiden Donald Trump meningkatkan eskalasi perang dengan China.

Harga minyak mentah berjangka acuan internasional atau minyak Brent ditutup turun lebih dari 6% menjadi $60,67 setelah postingan twitter Presiden Trump. Harga ini merupakan harga terendah sejak pertengahan Juni 2019.

Demikian juga harga minyak mentah berjangka AS atau minyak WTI ditutup  turun 7,9% menjadi $53,95, yang merupakan harga terendah dalam 2 bulan perdagangan. Namun anjloknya harga minyak Brent sangat signifikan tersebut merupakan perdagangan harian yang terburuk bagi minyak Brent dan WTI  lebih dari 4 tahun.

Dalam serangkaian postingan di akun twitternya, Presiden Donald Trump mengumumkan rencana untuk mengenakan tarif 10 persen pada sisa impor Cina senilai $300 miliar. Trump mengungkapkan rencana itu tak lama setelah Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin menyelesaikan putaran terakhir pembicaraan perdagangan di Shanghai.

Sentimen ini mengkhawatirkan pasar minyak mentah dunai dikarenakan akan semakin memperburuk kondisi pertumbuhan ekonomi global yang membahayakan bagi permintaan minyak mentah.

Perdagangan sebelumnya harga minyak turun  karena Federal Reserve mengurangi harapan untuk serangkaian penurunan suku bunga. The Fed menurunkan suku bunga 25 basis poin pada hari Rabu tetapi tidak mengisyaratkan adanya siklus pelonggaran yang dalam.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 
SHARE
Previous articleHarga Emas di Amerika Naik Setelah Sepanjang Hari Terpukul
Next articleFintech Berkembang Di Jalanan Ibu Kota
Avatar
Jul Allens is Editor in Vibiznews.com and as Senior Commodity Researcher of Vibiz Research Center, that makes market analysis (fundamental & technical) and research of global commodities. Since 2004 he has also active as a national leadership trainer - Vibiz Learning Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here