Mau Jadi Startup? Kenali Dulu Beberapa Aspek Ini!

0
112

(Vibizmedia – Work) Saat ini, startup memang merupakan hal yang menjanjikan. Membuat bisnis sendiri, pastinya merupakan hal yang seru, terutama bagi kalangan milenial.

Memang, semakin banyaknya startup yang ada, tentunya merupakan tanda bahwa SDM Indonesia sudah semakin maju. Para startup di Indonesia pun bergerak di berbagai industri, mulai dari IT, kecantikan, food and beverages, dan berbagai industri lainnya.

Menjadi startup, memang di masa kini telah menjadi impian banyak orang, terutama anak muda. Bagaimana tidak, menciptakan hal yang baru, dan memberikan dampak bagi masyarakat luas, tentunya menjadi kesenangan tersendiri.

Namun, jangan salah, menjadi startup, tentu harus mengetahui beberapa aspek penting untuk mencapai keberhasilan. Apa sajakah itu?

1. Be unique!

Jangan hanya sekedar mengikuti trend. Maksudnya, jangan memproduksi suatu barang karena jenis barang itu lagi trend. Kalaupun memproduksi barang yang sedang trend, tetap usahakan ada perbedaan atau keunikan yang membuat produk Anda tetap unik dibandingkan produk lainnya yang serupa.

2. Miliki time management yang baik.

Ini dia tantangan sesungguhnya dari seorang startup, yang mengelola bisnisnya sendiri. Jika Anda merasa masih acak-acakan mengatur waktu, belajarlah untuk bisa mengatur waktu dengan baik dulu. Karena bicara startup, pasti bicara time management yang baik.

3. Buatlah produk yang menjadi jawaban bagi orang lain.

Nah, aspek ini sangat penting! Menciptakan produk, jangan hanya sekedar mengikuti trend, tapi baiklah produk tersebut merupakan produk yang menjawab kebutuhan orang.

Karena itu, sesekali lakukanlah survey, untuk mengetahui, apa yang sebenarnya diinginkan masyarakat pada umumnya. Kalau Anda bisa membuat barang yang memang diinginkan masyarakat, pastinya keberhasilan lebih mudah dicapai.

Contohnya, bagi orang yang suka lupa meletakkan beberapa barangnya, mungkin dia akan sangat terbantu jika ada startup yang membuat alat pelacak untuk semua barangnya, bukan hanya satu barang saja. Menarik, kan?

4. Rajinlah promosi dengan packaging yang menarik.

Promosi, merupakan bagian yang tak sangat terkait dengan keberhasilan seorang startup. Tentu saja, seorang startup, harus menyiapkan paket promosi yang menarik dari produk yang dihasilkannya. Promosi mencakup desain, launching produk, dan tentu saja, tak lepas dari social media. Jadi, pikirkanlah konsep apa yang mau Anda siapkan untuk promosi, karena itu sangat menunjang keberhasilan Anda sebagai seorang startup.

5. Lakukan brainstorming sebelum memulai produksi.

Anda tetap membutuhkan banyak ide, untuk menemukan produk yang Anda akan hasilkan. Apa yang Anda pikirkan bagus, kadang belum tentu bagus bagi orang lain.

Bagi seorang startup, pantang untuk menjalankan apa yang hanya menjadi idenya sendiri, tanpa mendengarkan pendapat orang lain.

Karena itu, lakukanlah brainstorming dengan beberapa orang tim ahli Anda, agar akhirnya produk yang dihasilkan, benar-benar merupakan hasil dari pemikiran bersama yang cemerlang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here