Bambang Brodjonegoro: Digitalisasi Berperan Kurangi Angka Kemiskinan

0
138
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro. FOTO: VIBIIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan digitalisasi memberikan peran besar dalam pengurangan angka kemiskinan.

Digitalisasi mampu memberikan peluang besar dan keuntungan bagi pemerintah untuk mengatasi masalah kemiskinan. Menurut Bambang, justru makin banyak digitalisasi yang langsung menciptakan lapangan kerja atau menyelesaikan masalah kemiskinan, ungkapnya di Jakarta, pada Selasa (23/7).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) penduduk miskin Indonesia pada Maret 2019 tercatat sebesar 25,14 juta penduduk. Angka ini menurun 810.000 penduduk dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Sampai dengan saat ini, menekan angka kemiskinan masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah. Melalui kehadiran positif digitalisasi, berupa aplikasi dan platform mampu menghilangkan kesenjangan, khususnya yang kini sudah menjangkau para petani dan nelayan untuk memasarkan hasil ke pasar untuk dijual.

Bagi Bambang, selama ini produk mereka dibeli dengan harga murah oleh tengkulak, perantara yang sebenarnya merugikan mereka, membuat mereka tetap miskin.

Dengan keberadaan aplikasi yang mempertemukan langsung antara nelayan dan petani dengan pembeli akhirnya mereka mendapatkan harga yang lebih baik, dengan itu mereka dengan pelan-pelan keluar dari kemiskinan, tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here