Harga Emas Turun Dari Harga Tertinggi 6 Bulan

0
203

(Vibizmedia-Commodity) – Melihat pergerakan harga emas pada perdagangan komoditi akhir pekan di sesi Eropa hari Jumat (19/07), harga emas turun cukup parah setelah awal sesi sempat naik ke posisi tertinggi dalam 6 tahun. Turunnya harga emas terjadi oleh profit taking pasar pasca posisi harga emas di rekor yang juga dipicu oleh posisi dolar AS yang sedang menguat.

Harga emas spot atau LLG turun 0,4% menjadi $1,439.61 per troy ounce  setelah sempat menyentuh level tertinggi sejak perdagangan awal Mei 2013 di $1,452.60. Namun berbeda dengan posisi harga emas berjangka AS yang sedang naik sekitar 1% menjadi $ 1,441.10 per troy ounce.

Terhadap perdagangan emas, pasar masih memiliki sentimen positif selain ekspektasi penurunan suku bunga Fed dalam pertemuan mereka akhir bulan ini. Selain itu juga masih ada ketegangan geopolitik Amerika dengan Iran.  Kemudian ditambah lagi dengan  ketidakpastian perang dagang AS-China.

Harga emas sangat sensitif dengan berita suku bunga sehingga berita  Presiden The Fed New York John Williams pada hari Kamis mengatakan bahwa para pembuat kebijakan tidak bisa menunggu bencana ekonomi melanda sebelum menambahkan stimulus, itu membuat harga emas bergerak positif.

Untuk perdagangan selanjutnya, analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas LLG akan bergerak retreat menuju posisi support 1423.59 – 1418.28. Namun jika bergerak kuat  akan mendaki ke posisi resisten 1455.89 – 1460.28.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here