Roadmap Pelatihan Vokasi Nasional Telah Berjalan 90%

0
173
Ilustrasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia-Nasional) Saat ini, pemerintah sedang berupaya memperkuat pelatihan dan pendidikan vokasi di Indonesia.

Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan Bambang Satrio Lelono mengatakan peta jalan pelatihan vokasi nasional telah ada sejak tahun lalu. Hingga kini, sudah mencapai 90 persen berjalan dan akan menjadi dasar pelatihan vokasi di Indonesia.

Untuk itu, Komisi Pelatihan Vokasi Nasional (KPVN), yang terdiri dari Kementerian Ketenagakerjaan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin), akademisi, serikat pekerja dan masyarakat sipil berkolaborasi menyiapkan peta jalan sistem pelatihan vokasi sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Menurut Bambang, komite tersebut berfungsi koordinasi lintas kementerian dan lembaga yang menyelenggarakan pelatihan vokasi.

Dalam waktu dekat akan segera diinformasikan kepada semua pihak bahwa Kementerian Ketenagakerjaan akan menjadi koordinator pelatihan vokasi nasional, jelas Bambang dalam keterangan persnya, di Jakarta, pada Rabu (17/7).

Bambang sampaikan proyek percontohan terkait peta jalan pelatihan vokasi nasional tersebut akan mulai dilakukan tahun ini. Setidaknya, ada 20.000 tenaga kerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) yang akan mendapatkan pelatihan tersebut. Adapun biaya pelatihan didapatkan melalui dana operasional Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Peserta adalah anggota BPJS Ketenagakerjaan yang terkena PHK. Pelatihan dapat dilakukan di BLK (balai latihan kerja), LPK (lembaga pelatihan kerja) swasta, ataupun training center industri yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, jelas Bambang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here