Presiden Jokowi Melantik 781 Perwira TNI dan Polri di Istana Merdeka

0
165

(Vibizmedia-Jakarta) Presiden Joko Widodo melantik 781 perwira TNI dan Polri yang berlangsung di halaman depan Istana Merdeka, pada Selasa (16/7).

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 53 TNI tahun 2019, dan Nomor 54 Polri tahun 2019 Tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni Akmil dan Akpol Menjadi Perwira TNI dan Perwira Kepolisian RI. 

781 perwira ini terdiri dari Akmil sebanyak 259 terdiri dari putra 244 orang dan putri 15 orang, yang berasal dari Akademi Angkatan Laut (AAL) dengan rincian putra 103 orang dan putri 14 orang dengan jumlah seluruhnya 117, dari Akademi Angkatan Udara (AAU), putra 90 orang dan putri 9 orang dengan total jumlah 99 orang. Sedangkan, yang berasal dari Akademi Kepolisian (Akpol) berjumlah 306 orang, yang terdiri dari putra sebanyak 256 orang dan putri 50 orang.

Sebelum dilantik, Presiden Jokowi mengambil sumpah para calon perwira TNI dan Polri tersebut. 

Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, kata Jokowi yang diikuti para prajurit TNI dan Polri tersebut.

Diikuti khusus perwira TNI, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi sumpah prajurit dan Sapta Marga.

Diikuti khusus perwira Polri, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi Tribrata dan Catur Prasetya, demikian ucap perwira Polri.

Diikuti seluruh perwira, bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri tauladan, membangun Karsa serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa raga untuk membela nusa dan bangsa, demikian ucap seluruh perwira yang dilantik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here