Dorong UMKM Go Export dan Go Digital, Presiden Jokowi Buka KKI 2019

0
266

(Vibizmedia-Jakarta) Presiden Joko Widodo membuka pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) secara resmi di Hall A, JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (12/7). KKI 2019 ini mengusung tema “Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui UMKM Go Export dan Go Digital”

Dalam sambutannya, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan KKI merupakan acara kebanggaan BI yang dilakukan setiap tahun. Bentuk karya kreatif itu meliputi kain, kuliner, dan lain sebagainya.

Kami sampaikan apresiasi kepada presiden dan juga ibu negara bahwa UMKM harus kita kembangkan tidak hanya daerah tapi nasional dan juga internasional, ungkap Perry.

Menurutnya, berdasarkan data BI, ada 898 UMKM yang dari 46 kantor BI di seluruh Indonesia. Dari 898 UMKM, yang diberi pembiayaan perbankan 173, sedangkan yang sudah ekspor 91 UMKM dengan nilai Rp 1,4 triliun per tahun.

Ia menambahkan, pengembangan itu tidak hanya dari sisi pembiayaan, melainkan juga ekspor.

Selain itu, Perry juga mengatakan bahwa UMKM binaan BI didorong untuk go digital. Pemasaran pun dilakukan via platform e-commerce.

Tercatat ada lebih dari 355 UMKM yang nilainya Rp 32 miliar dan telah disambungkan via go digital.

Setelah sambutan Gubernur BI, Presiden Jokowi pun naik ke atas panggung. Tak banyak yang dia sampaikan. Menurut dia, semua sudah jelas dan gamblang disampaikan oleh Gubernur BI.

Oleh karena itu, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pameran Karya Kreatif Indonesia 2019 dari Bank Indonesia saya nyatakan dibuka, kata Jokowi.

Pembukaan pameran ditandai dengan memukul gendang Beleq yang berasal dari Nusa Tenggara Barat. Presiden Jokowi didampingi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here