Ekonomi Inggris Tumbuh Secara Bulanan, Poundsterling Bangkit Dari 6 Bulan Terendah

0
117
Ilustrasi: Tower Bridge, Jembatan Yang Membentang di atas Sungai Thames di London, Inggris Raya 42 meter dibangun Tahun 1894. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/FANNY SUE

(Vibizmedia – Forex) –  Kantor Statistik Nasional Inggris (ONS) hari Rabu (10/07) melaporkan terjadi pertumbuhan dalam ekonomi Inggris secara bulanan pada periode bulan Mei, namun secara 3 bulan yang berakhir pada bulan Mei 2019 pertumbuhan melambat dibandingkan dengan periode sebelumnya.

PDB Inggris secara bulanan bertumbuh 0,3 persen pada bulan Mei setelah periode sebelumnya kontraksi 0,4 persen. Namun jika dihitung secara kuartalan yang berakhir pada bulan Mei PDB Inggris hanya tumbuh 0,3 persen setelah periode 3 bulan sebelumnya meningkat 0,4 persen.

United Kingdom GDP 3-Month Average

Pertumbuhan bulanan di bulan Mei sebagian besar didorong oleh ekspansi 1,4 persen masing-masing dalam produksi industri dan manufaktur setelah menurun pada bulan April. Produksi industri tumbuh 1,4 persen setiap bulan di bulan Mei setelah merosot 2,9 persen di bulan April, dengan demikian menyamai kenaikan yang dicatat di bulan Maret.

Demikian juga sektor manufaktur tumbuh 1,4 persen pada bulan Mei setelah periode sebelumnya jatuh 4,2 persen. Pada bulan Maret, output hanya tumbuh 1,6 persen. Sebelumnya pasar memperkirakan pertumbuhan 1,5 persen dalam produksi industri dan kenaikan 2,2 persen di bidang manufaktur pada Mei.

Merespon laporan ini yang berdampak hanya kurs poundsterling yang sudah terpuruk di posisi terendah 6 bulan. Poundsterling yang diperdagangkan terhadap dolar AS dalam pair GBPUSD alami kenaikan 0,1 persen pada posisi 1.2480.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here