Jelang Pengumuman Data NFP, Dolar AS Melemahkan Semua Rival Utamanya

0
313

(Vibizmedia – Forex) – Ditengah  perdagangan pasar keuangan sesi Amerika akhir pekan  hari Sabtu (05/07), Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat akan melaporkan data kinerja pasar tenaga kerja negeri tersebut pada bulan Juni yang terlihat dalam data NFP. Semua pasar keuangan sedang menunggu laporan tersebut untuk isyarat tentang sikap Federal Reserve pada penurunan suku bunga.

Ketenagakerjaan AS diperkirakan akan meningkat sebesar 160.000 pekerjaan pada Juni setelah peningkatan 75.000 pekerjaan pada bulan Mei. Kemudian akan dilaporkan juga data tingkat pengangguran yang diperkirakan akan turun 3,6 persen. Laporan itu dapat menentukan apakah Federal Reserve menurunkan suku bunganya bulan ini untuk menopang perekonomian terbesar di dunia karena ketegangan perdagangan meningkat.

Posisi dolar AS yang paling sangat tertekan dengan ekspektasi penurunan suku bunga Fed, sedang bergerak bullish hingga melampaui kisaran resisten hariannya. Jika data NFP malam nanti dilaporkan dibawah ekspektasi, maka dolar AS berpotensi akan terpukul.

Indeks dolar yang menunjukkan kekuatan dolar AS terhadap banyak rival utamanya sedang menguat 0,19% ke posisi 96.95 setelah dibuka  pada posisi 96.74 dan sempat turun ke posisi rendah 96.72.

Indeks telah jatuh ke palung tiga bulan pada 95,843 minggu lalu karena yield Treasury AS merosot ke posisi terendah 2-1/2-tahun di tengah ekspektasi The Fed akan memangkas suku bunga tahun ini, mulai awal bulan ini.

Fokus pelaku pasar sekarang pada apakah laporan data pekerjaan AS  malam nanti akan membantu membuat atau memecahkan kasus untuk penurunan suku bunga di bulan Juli nanti oleh bank sentral Amerika Tersebut.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here