Emas Banyak Diborong Meski Harganya Tertinggi 6 Tahun Lebih

0
298

(Vibizmedia-Commodity) – Mengakhiri perdagangan komoditi sesi Amerika Rabu (26/06) harga emas mencapai level tertinggi dalam lebih dari enam tahun  karena investor sedang memburu logam mulia di tengah prospek suku bunga yang lebih rendah, ekonomi global yang lebih lambat dan meningkatnya ketegangan geopolitik.

Harga emas spot atau LLG naik 0,30% pada $1,424.61 per troy ounce, yang merupakan posisi tertinggi sejak bulan Mei 2013. Untuk harga emas berjangka AS kontrak bulan Agustus  naik  mencapai tertinggi $1.442,90 per troy ounce, level tertinggi sejak 14 Mei 2013, ketika mencapai $1.444,90.

Emas yang sempat jatuh perdagangan bulan, rally lebih dari 8% pada perdagangan bulan ini dan rally lebih dari 9% untuk kuartal kedua tahun ini. Keuntungan itu menempatkan performas logam mulai pada kecepatan untuk kinerja bulanan dan kuartalan terbaik sejak 2016.

Ekspektasi bagi Federal Reserve untuk memangkas suku bunga telah meningkat tajam, terlihat dari respon investor menurut alat FedWatch CME Group menghargai kemungkinan penurunan suku bunga 100% pada bulan Juli. Pekan lalu Federal Reserve menyatakan akan  bertindak sesuai  untuk mempertahankan ekspansi ekonomi saat ini.

Investor juga menambah kepemilikan emas mereka di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran. Presiden Donald Trump menandatangani perintah eksekutif pada hari Senin untuk menjatuhkan sanksi  yang sangat keras setelah drone AS ditembak jatuh minggu lalu.

Untuk perdagangan selanjutnya harga hari Rabu hingga sesi Amerika malam nanti berakhir berpotensi retreat oleh profit taking dengan turun ke posisi support di 1404.26 – 1400.05.  Namun jika bergerak kuat kembali akan mendaki ke posisi resisten 1443,12 – 1448.20.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here