Dorong Produk Ekspor, Kemendag Berikan Penghargaan Kepada 30 Pemenang GDI

0
229
Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda. FOTO: HUMAS KEMENTERIAN PERDAGANGAN

(Vibizmedia-Nasional) Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) memberikan penghargaan kepada desainer atas desain produk yang berorientasi ekspor ke pasar mancanegara kepada 30 pemenang.

30 pemenang Good Design Indonesia (GDI) tahun 2019 ini, diberikan kepada 14 GDI Best dan 1 GDI of The year dari 421 produk yang terdaftar dalam GDI 2019.

GDI adalah lomba desain produk yang berorientasi ekspor ke pasar mancanegara, khususnya Jepang yang terdiri dari 16 kategori antara lain healthcare, home furniture, mobility, housing, construction, media content, packaging, application system, dan sebagainya.

Direktur Jenderal PEN Kementerian Perdagangan Arlinda mengatakan saya sangat apresiasi kepada dewan pengarah dan dewan juri. Saya juga memberikan apresiasi kepada para pemenang, karena dalam perjalanannya membuat produk tidak mudah, jelasnya, di Jakarta, Rabu (26/6).

Pemenang tersebut dinilai berdasarkan 3 penilaian utama yakni market oriented, inisiatif, dan kreativitas.

Menurut Arlinda, market oriented yang nantinya bisa meningkatkan ekspor, serta inisiatif dan kreativitas dalam pembuatan produk yang bisa meningkatkan nilai tambah. Selain itu, para pemenang juga berkesempatan untuk mewakili produk ekspor Indonesia di mancanegara, salah satunya Jepang.

Arlinda ungkapkan ajang ini memang ditandingkan untuk kerjasama dengan Jepang. Nanti akan dipertandingkan di ajang G-Mark di Jepang. Kalau tahun lalu ajang G-Mark itu diikuti oleh lebih dari 4.000 produk. Dari 14 pemenang GDI tahun lalu, 5 produk masuk dalam G-Mark Best 100 dan 1 produk masuk menjadi Best 20.

Ia pun berpesan kepada pemenang untuk menindak lanjuti kemenangannya, berupa membuat desain produk yang berorientasi ekspor ke pasar mancanegara. Baginya kemenangan bukan hanya mendapat sertifikat dan trofi, tetapi yang paling penting adalah tindak lanjut para pemenang dalam ekspor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here