Kemenkeu Siapkan Bayar Pajak Dengan Mobile Banking

0
61

(Vibizmedia-Nasional) Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Direktorat Bea dan Cukai telah melakukan beberapa terobosan baru, salah satunya dengan mengoptimalisasi penyampaian informasi melalui media digital.

Terobosan pada sisi administrasi perpajakan tersebut mencakup 3 aspek yaitu optimalisasi media digital, perbaikan bisnis proses mobile tax unit dan perbaikan dalam pembayaran pajak atau tax.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa upaya perbaikan ini untuk meningkatkan tax ratio nasional melalui kepatuhan pajak, dengan mempermudah tata cara pembayaran pajak.

Saya bilang Pak Robert (Direktur Jenderal Pajak) dan timnya. Saya ingin, membayar pajak lebih mudah dari beli pulsa telepon. Kalau beli pulsa dalam semenit kita bisa pakai mobile banking, harusnya bayar pajak lebih mudah lagi, jelas Sri Mulyani dalam paparan di Rapat Kerja dengan Dewan Perwakilan Rakyat Komisi XI, di kompleks DPR, Jakarta, Senin (17/6).

Menkeu sampaikan pemerintah ingin mengejar target realisasi tax ratio pada 2019 sebesar 12,2 persen. Sedangkan berdasarkan data Kementerian Keuangan, proyeksi tax ratio pada 2020 berkisar 11,8 persen hingga 12,4 persen, sementara pada 2018 lalu, realisasi tax ratio mencapai 11,4 persen.

Reformasi perpajakan di bidang administrasi dan proses pembayaran pajak, bagi Sri Mulyani merupakan hal penting, untuk meningkatkan kepatuhan pembayaran pajak, diperlukan penegakan hukum.

Untuk itu, pihaknya berikan kemudahan. Saat ini, Direktorat Jenderal Pajak telah menyediakan proses pembayaran pajak secara digital melalui e-Billing. Sedangkan untuk pelaporan Surat Pemberitahunan Tahunan (SPT) pajak melalui e-Filing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here