Harga Emas Turun Moderat Karena Profit Taking

0
141

(Vibizmedia-Commodity) – Harga emas yang sempat kuat di posisi tertinggi setahun pekan lalu, terus terpangkas hingga masuki perdagangan komoditas internasional  hari Rabu (12/06). Setelah anjlok selama 2 hari berturut, harga emas belum bisa menanjak sekalipun posisi dolar sedang lemah.

Harga emas spot atau LLG  yang beberapa saat lalu ditutup pada posisi $1.326,45 per troy ounce atau  turun 0,5 persen dari perdagangan sebelumnya, kemudian pagi ini dibuka pada posisi  $1.326,52 per troy ounce dan kini sedang bergerak di posisi  $1.326,54.
Demikian untuk harga emas berjangka Amerika kontrak bulan Agustus 2019 kini berada di posisi  $1.330,25 atau turun 0,06 persen, setelah dibuka pada posisi $1.330,60.

Harga emas sedikit turun oleh profit taking investor pasca kenaikan kuat selama beberapa pekan terakhir, yang didukung oleh meningkatnya harapan kesepakatan perdagangan antara China dan Amerika Serikat.

Namun anjloknya bursa saham Amerika semalam serta sentimen meningkatnya ekspektasi bahwa Federal Reserve AS akan melakukan penurunan suku bunga suatu saat dalam waktu dekat memberikan harapan harga emas untuk naik kembali.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas sepanjang hari ini berpotensi naik kembali oleh kuatnya sinyal penurunan suku bunga Fed yang dapat melemahkan dolar AS dan akhirnya menguntungkan logam mulia.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here