Ketegangan Perang Dagang AS-China Belum Mereda; Trump Peringatkan China

0
59

(Vibizmedia – Economy & Business) Ketegangan perdagangan AS-China masih belum mereda. Bahkan Trump menebar peringatan kepada China untuk dapat kembali meningktkan tarif bagi barang-barang China.

Presiden AS Donald Trump mengkonfirmasikan pada hari Senin bahwa tarif tambahan untuk barang-barang China akan dikenakan jika Presiden Cina Xi Jinping tidak menghadiri pertemuan G-20 bulan ini.

Presiden AS ini sebelumnya mengancam akan mengenakan pungutan lagi atas barang-barang Tiongkok senilai $ 300 miliar jika perjanjian perdagangan tidak segera tercapai. Pemerintah Trump meningkatkan tarif bulan lalu atas barang-barang impor AS dari 200 miliar dolar AS.

Trump rencananya bertemu dengan Xi di KTT G-20, yang dijadwalkan 28-29 Juni di Osaka, Jepang. Para pemimpin dari 19 negara dan Uni Eropa diharapkan hadir.

Jika perang perdagangan antara AS dan China berlanjut, Trump mengatakan dia akan terus menaikkan tarif barang-barang China. Dia mengatakan pemerintahannya saat ini mengenakan pajak 35% hingga 40% dari barang impor AS. Jika kesepakatan tidak tercapai, ada “60% lainnya dan itu akan dikenakan pajak,” kata Trump seperti yang dilansir CNBC.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here