Kemenangan Jokowi Menaikkan Peringkat Indonesia di S&P

0
176
Jokowi bersama warga Kampung Deret, Johar Baru, jelang pidato kemenangan, 21 Mei 2019. FOTO: VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Kolom) Paska pengumuman yang dikeluarkan oleh KPU pada tanggal 21 Mei bahwa Joko Widodo – Ma’ruf Amin terpilih oleh rakyat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia untuk periode 2019-2024, pada tanggal 31 Mei 2019 lembaga pemeringkat yang terkenal konservatif S&P menaikkan peringkat Indonesia.

S&P menaikkan peringkat kredit negara (sovereign credit rating) Indonesia menjadi yang sebelumnya pada peringkat ‘BBB-‘ menjadi ‘BBB’, yang boleh diartikan bahwa prospek Indonesia stabil. S&P juga menaikkan sovereign credit rating jangka pendek ke ‘A-2’ dari ‘A-3’. Prospek yang stabil mencerminkan ekspektasi S&P bahwa ekonomi Indonesia akan terus berkinerja kuat dalam jangka menengah, dan posisi eksternal Indonesia akan stabil.

Peningkatan peringkat ini sebagai cerminan prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat dan juga dinamika kebijakan Presiden Joko Widodo yang didukung oleh utang pemerintah yang relatif rendah dan kinerja fiskal yang moderat. Faktor-faktor kebijakan ini menyeimbangkan kelemahan Indonesia di bidang ekonomi, Indonesia termasuk negara lower-middle-income economy.

Indonesia terakhir kali mendapakan peringkat ‘BBB’ pada bulan April tahun 1995 namun dua tahun kemudian diturunkan menjadi ‘BBB-‘ pada bulan September tahun 1997. Setelah 24 tahun menunggu, barulah Indonesia kembali mendapatkan peringkat ‘BBB’ yaitu di era pemerintahan presiden Jokowi, sebagai indikator kepercayaan dunia terhadap Indonesia.

Dua hal utama yang membuat Indonesia layak untuk mendapatkan peningkatan peringkat tersebut, yang pertama ekonomi Indonesia tumbuh lebih cepat dibandingkan negara-negara lain dengan tingkat pendapatan yang sama. Dan yang kedua adalah terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo dalam pilpres 2019 memastikan kesinambungan kebijakan selama lima tahun ke depan.

Kesimpulan serangkaian analisa lembaga pemeringkat S&P menyatakan ekonomi Indonesia secara konsisten mengungguli negara-negara pada tingkat pendapatan yang serupa, dan S&P berharap prospek pertumbuhannya tetap kuat di tahun-tahun mendatang. Mengingat kebijakan Indonesia yang stabil dan pengaturan fiskal yang hati-hati, S&P percaya profil kredit secara keseluruhan layak ditingkatkan.

Masih terus dengan analisa S&P, tercatat ekonomi Indonesia tumbuh lebih cepat dibandingkan negara-negara dunia di tingkat pendapatan yang sama. Ini mencerminkan bahwa pemerintah telah efektif dalam mempromosikan keuangan publik yang berkelanjutan dan pertumbuhan ekonomi yang seimbang. Pertumbuhan PDB per kapita riil di Indonesia adalah 4,1%, berdasarkan rata-rata tertimbang 10 tahun. Pertumbuhan ini luar biasa dibandingkan dengan rata-rata 2,2% pertumbuhan global negara-negara dunia pada tingkat pendapatan yang sama. Pertumbuhan ini juga sangat impresif mengingat dinamika ekonomi Indonesia yang konstruktif meskipun lingkungan eksternal yang menantang selama beberapa tahun terakhir.

Memang benar kalau dikatakan bahwa ini adalah hadiah yang sangat berharga bagi Indonesia untuk lima tahun yang akan datang. Harapan untuk mencapai impian Indonesia maju di tahun 2045 yang dicanangkan Jokowi seakan ada pada jalur yang benar, kejutan ini membawa multiplier effect kedepannya dan mungkin terlalu dini, namun terjadinya pergeseran tingkat ekonomi Indonesia dari lower middle income menjadi upper middle income sudah banyak diperkirakan para analis. Hal ini menambah optimisme bagi saya pribadi bahwa Indonesia seperti yang diprediksikan oleh Pricewaterhouse Coopers (PwC) memang akan menjadi negara maju dengan ekonomi terdepan kelima di dunia pada tahun 2030 setelah Tiongkok, Amerika Serikat, India, Jepang. Sebagai catatan keberhasilan ini, S&P sudah menuliskan di atas berbagai hal yang menjadi pekerjaan rumah Indonesia yang membutuhkan ketekunan dan kreativitas dari bangsa Indonesia untuk tetap bekerja keras dalam membangun Indonesia.

 

Selengkapnya →Jokowi Dipilih Rakyat, S&P Menaikkan Peringkat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here