Wiranto: Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2019 Sudah Lebih Baik

0
65
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia-Nasional) Pemerintah menyebut pengamanan libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah sudah semakin membaik dari tahun-tahun sebelumnya.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan bahwa yang menjadi indikator membaiknya pengamanan arus mudik Lebaran tahun 2019 tersebut, adalah angka kecelakaan dan korban meninggal dunia turun signifikan.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, kecelakaan lalu lintas selama arus mudik Lebaran pada tahun lalu sebanyak 1.491 kecelakaan, sementara pada tahun ini ada sebanyak 529 kecelakaan.

Sedangkan korban kecelakaan yang meninggal pada tahun lalu, tercatat sebanyak 331 orang, turun menjadi 132 orang tahun 2019, cukup banyak lebih dari 50 persen ungkap Wiranto saat membuka rapat membahas perkembangan situasi di bidang hukum dan keamanan di gedung Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (10/6).

Rapat yang dihadiri oleh Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto, Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian, Jaksa Agung Prasetyo, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Kabareskrim Komjen (Pol) Idham Azis ini, Wiranto juga menyampaikan tidak ada laporan ancaman atau teror saat pelaksanaan salat Idul Fitri di berbagai daerah.

Untuk salat Id, relatif aman. Tidak ada laporan dari daerah-daerah tentang gangguan dalam pelaksanaan salat Id berjemaah. Aktivitas di daerah juga relatif aman, di semua daerah dilaporkan tidak terjadi gangguan-gangguan, baik teror maupun gangguan-gangguan keamanan lain yang ada di masyarakat, jelasnya.

Hanya memang terjadi perkelahian antarsuku di Buton sehingga satu orang korban, juga ada salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara yang diwarnai banjir bandang. Tapi, sekarang sudah ditangani BNPB, sudah ke sana ikut membantu mengatasi, jelasnya.

Selain itu, Ia pun katakan banyak hal yang mesti dibahas dan dievaluasi terkait keamanan pasca-Lebaran 2019. Salah satunya, dia menyinggung soal persidangan sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Selesai liburan panjang, kembali konsentrasi kita menjaga stabilitas politik dan keamanan pasca-Lebaran. Terutama menjelang sidang MK yang juga masih menyangkut dari penyelesaian permasalahan pasca pemilu serentak tahun 2019. Dirinya berharap agar kedepan perbaikan penanganan keamanan di tahun-tahun mendatang, korban semakin berkurang, ungkap Wiranto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here