(Vibizmedia – Lensa) – Menjelajahi Indonesia, memang pasti akan menemukan berbagai keindahan yang tak terduga. Salah satunya, tentu saja Desa Kayupuring. Desa cantik ini, terletak di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Hamparan sawah luas dan gunung tinggi, tentu saja menjadi hal yang menyejukkan mata disana. Belum lagi, dengan udaranya yang sejuk, tentu menambah kenyamanan yang tak terkatakan di Desa Kayupuring.

Dalam Lensa Vibizmedia kali ini, kita akan menikmati beberapa keindahan Desa Kayupuring, pesona kecantikan alam yang tersembunyi di Jawa Tengah.

Kehidupan di Desa Kayupuring bisa dikatakan sederhana. Masyarakat yang hidup disana, rata-rata hidup sebagai petani dan peternak sapi. Selain itu, mereka juga aktif mengolah hasil perkebunan mereka, seperti kopi, yang mereka tumbuk sendiri menggunakan alat tradisional. Menarik, bukan?

Kecamatan Petungkriyono sendiri, merupakan daerah penghasil kopi robusta yang cukup terkenal saat ini. Kopi tersebut dikenal dengan nama Kopi Owa. Sebagai informasi, owa diambil dari nama owa Jawa, hewan sejenis kera kecil yang terkenal dengan lengkingannya. Hewan yang kini tergolong langka itu, juga kadang ditemukan di Kecamatan Petungkriyono.

Nah, perhatikan foto-foto yang ada di artikel ini. Pepohonan, sawah, memang selalu menjadi penghias desa yang menyejukkan mata. Ketika Anda melewati jalan yang ada di Desa Kayupuring, tentunya Anda pasti merasa puas memandang keindahan pemandangan di sisi kanan dan kiri Anda, yang layaknya permadani di kaki langit.

Untuk mengunjungi Desa Kayupuring, tentunya Anda bisa menggunakan bus atau kereta api dari Jakarta menuju Kecamatan Petungkriyono terlebih dahulu.

Jika Anda ingin mengunjungi Kecamatan Petungkriyono dengan menggunakan bus, Anda bisa menggunakan bus jurusan Jakarta-Pekalongan, lalu melanjutkan dengan bus dengan tujuan Doro. Setelah tiba di Doro, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan mobil pickup L300 menuju Petungkriyono sampai ke Desa Kayupuring.

Dan jika Anda ingin menggunakan kereta, Anda bisa naik kereta dari Stasiun Pasar Senen atau Gambir dengan tujuan Pekalongan. Dari Stasiun Terminal Pekalongan, Anda bisa naik ojek menuju halte bus Ponolawen, lalu lanjut lagi dengan menaiki bus jurusan Doro. Setelah tiba di Doro, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan mobil pickup L300 dengan tujuan Petungkriyono. Dan untuk mencapai Desa Kayupuring, tentunya tinggal menggunakan kendaraan yang sama, yaitu mobil pickup L300.

Selain pemandangan persawahan dan gunung, masih banyak lagi yang bisa dilihat disana, antara lain Sungai Welo Asri. Penasaran, kan? Ayo, kunjungi Desa Kayupuring, dan lihatlah keindahan alam Indonesia yang pastinya akan menyejukkan mata Anda.

Foto : Vibizmedia/Pujo Handoyo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here