Emas LLG Banyak Diburu Pasar, Harga Mencapai Tertinggi 3-1/2 Bulan

0
143

(Vibizmedia-Commodity) – Meskipun pasar komoditas Indonesia sedang libur, pasar emas internasional di sesi Asia hari Rabu (05/06) menunjukkan harganya sedang naik dan berada di kisaran harga tertinggi 3-1/2 bulan. Tingginya harga emas masih stabil sekalipun perdagangan aset resiko diindikasikan pulih kembali oleh kenaikan yield treasury dan saham.

Harga emas spot  sedang bergerak menuju posisi tinggi 3-1/2 bulan yang dicapai perdagangan hari sebelumnya, dan kini berada di posisi  $1.326,57 per troy ons atau telah naik 0,4 persen dari posisi penutupan.  Untuk harga emas berjangka bursa Amerika sedang berada di posisi $1.328.70.

Harga emas spot atau LLG telah naik lebih dari 4% sejak level terendah satu minggu di $1.274,44 per ounce yang dicapai pekan lalu terutama karena meningkatnya ketegangan perdagangan dan ekspektasi bahwa Fed AS akan memangkas suku bunganya untuk mengimbangi dampak perang dagang AS-Tiongkok.

Semalam diberitakan Presiden Fed Jerome Powell berkomentar dalam konferensi mereka di Chicago yang  menunjukkan optimisme tentang kemungkinan penurunan suku bunga bank sentral Amerika. Ekspektasi penurunan suku bunga  ini semakin kuat setelah hari sebelumnya  Presiden Fed St. Louis James Bullard menyarankan  penurunan suku bunga  mungkin akan segera dilakukan sebagian karena meningkatnya ketegangan perdagangan global.

Kebijakan suku bunga sangat sensitif bagi pergerakan harga emas global dan ekspektasi penurunan suku bunga berdampak akan menginggikan harga logam mulia tersebut. Tahun lalu harga emas bergerak lemah oleh kenaikan suku bunga yang dilakukan Fed hingga naik dari posisi suku bunga terendah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas untuk hari kedepan masih akan tetap menanjak sampai ada sentimen baru yang mempengaruhinya. Dan secara teknikal  harga emas akan naik ke posisi posisi resistennya di  1328.92 – 1333.41. Namun jika berbalik arah akan turun  menuju support  di 1319.36 – 1313.10.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here