Kerugian Bursa Asia Ditahan Oleh Kunjungan Presiden Trump ke Jepang

0
89
Presiden AS Donald Trump (kanan) dan PM Jepang Shinzo Abe berjabat tangan usai mengadakan konferensi pers bersama di Gedung Putih, Jumat (10/2).
President Donald Trump and Japanese Prime Minister Shinzo Abe participate in a joint news conference in the East Room of the White House in Washington, Friday, Feb. 10, 2017. (AP Photo/Pablo Martinez Monsivais)

(Vibizmedia – Index) – Bursa saham utama Asia Pasifik pada penutupan perdagangan hari Senin (27/05),  berakhir beragam  karena kekhawatiran perdagangan bertahan dan hasil sementara untuk pemilihan Uni Eropa menunjukkan tidak ada pihak yang dapat mengamankan mayoritas di parlemen Eropa.

Indeks Shanghai Composite China menguat 39,38 poin atau 1,38 persen menjadi 2.892,38 meskipun data menunjukkan bahwa laba perusahaan-perusahaan industri China turun pada April karena melambatnya permintaan dan aktivitas manufaktur. Indeks Hang Seng Hong Kong berakhir turun 0,24 persen pada 27.288,09.

Saham Jepang bergerak lebih tinggi dalam perdagangan tipis karena Presiden Trump AS mengumumkan dia akan mengumumkan sesuatu pada perjanjian perdagangan AS-Jepang pada Agustus.  Indeks  Nikkei naik 65,36 poin atau 0,31 persen menjadi 21.182,58 yang disupport kekuatan saham Fast Retailing dan SoftBank yang masing-masing naik 1,3 persen dan 1,7 persen.

Saham pembuat mobil berakhir sebagian besar lebih tinggi meskipun Trump mengancam untuk menargetkan pembuat mobil domestik dengan tarif tinggi. Saham Nissan Motor dan Toyota Motor naik sekitar 1 persen.

Bursa saham Seoul jatuh untuk sesi ketiga berturut-turut dengan indeks Kospi berakhir sedikit lebih rendah di 2,044,21. Ditekan oleh pergerakan saham pembuat chip SK Hynix turun lebih dari 1 persen.

Di kawasan pasifik juga merugi baik bursa saham Australia dan juga New Zealand, Indeks  ASX 200 berakhir turun 4,10 poin pada 6.451,90 tertekan oleh anjloknya saham sektor keuangan memperpanjang kerugian untuk hari keempat setelah regulator keuangan negara itu memperingatkan bank-bank tentang pengawasan eksternal yang lebih ketat dan persyaratan modal yang lebih tinggi.

Saham Selandia Baru turun  dengan indeks acuan NZX 50 berakhir turun 74,65 poin atau 0,73 persen pada 10.147,71, terseret oleh saham-saham layanan kesehatan.

Untuk perdagangan bursa saham Indonesia di bursa Jakarta ditutup menguat signifikan,  dengan indeks harga saham gabungan (IHSG) naik 0,68 persen ke posisi 6098.97. Support kuat indeks dipicu oleh lonjakan saham-saham unggulan sektor industri dasar  dan infrastruktur.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here