Huawei Masuk Daftar Hitam AS; Sumber Ketegangan Perdagangan Baru

0
106

(Vibizmedia – Economy & Business) Kementerian Perdagangan China memperingatkan AS pada hari Kamis (16/05) bahwa tindakannya terhadap perusahaan seperti Huawei dapat meningkatkan ketegangan perdagangan.

Pada hari Rabu, Presiden AS Donald Trump menyatakan darurat nasional atas ancaman terhadap teknologi Amerika. Departemen Perdagangan AS kemudian mengumumkan penambahan Huawei Technologies dan afiliasinya ke Daftar Entitas Biro Industri dan Keamanan (BIS). Sekarang bisnis A.S. akan membutuhkan lisensi untuk menjual atau mentransfer teknologi ke Huawei, kemungkinan membuatnya jauh lebih sulit bagi raksasa telekomunikasi China untuk melakukan bisnis dengan mereka.

Kami meminta AS untuk menghentikan tindakan lebih lanjut, sehingga perusahaan China dapat memiliki lingkungan perdagangan yang lebih normal, untuk menghindari peningkatan lebih lanjut dari ketegangan perdagangan AS-China, kata juru bicara Gao Feng dalam bahasa Mandarin selama konferensi pers Kamis, menurut terjemahan CNBC.

Dia mengkritik penggunaan keamanan nasional sebagai alat proteksionisme, dan menekankan bahwa operasi perusahaan Cina di luar negeri harus menghormati hukum setempat.

Ketegangan perdagangan antara AS dan China mengalami perubahan negatif dalam dua minggu terakhir, mengecewakan harapan bahwa kedua belah pihak akan segera mencapai kesepakatan. AS menaikkan tarif atas barang-barang Tiongkok senilai $ 200 miliar pada hari Jumat, dan China membalas pada hari Senin dengan rencana tarif atas barang-barang AS senilai $ 60 miliar yang mulai berlaku 1 Juni.

Gao mengatakan Beijing belum menerima perincian tentang kunjungan A.S. ke China untuk negosiasi perdagangan lebih lanjut. Menteri Keuangan Steven Mnuchin berencana untuk mengunjungi Beijing dalam waktu dekat, menurut laporan Dow Jones.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here