Dolar AS Raih Tertinggi Sepekan Seiring Ketegangan Perdagangan AS-China

0
110

(Vibizmedia – Forex) Dolar AS naik ke level tertinggi dalam sepekan terhadap sekeranjang mata uang pada hari Kamis (16/05) karena investor fokus pada ketegangan perang perdagangan, sementara Euro terluka oleh kekhawatiran tentang pemilihan parlemen Eropa akhir pekan ini.

Euro terdorong pada hari Rabu oleh laporan bahwa Presiden AS Donald Trump diperkirakan akan menunda keputusan tentang pengenaan tarif pada mobil dan suku cadang yang diimpor hingga enam bulan, menghindari membuka lagi front lain dalam pertempuran perdagangan globalnya.

Namun sampai penundaan resmi, investor tetap gelisah tentang perang perdagangan baru dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi ekonomi global. Dolar telah diuntungkan sebagai mata uang safe-haven bahkan ketika Amerika Serikat dan China terkunci dalam sengketa perdagangan.

Kritik terhadap kebijakan Uni Eropa oleh wakil Perdana Menteri Italia Matteo Salvini juga membuat investor gelisah menjelang pemilihan di wilayah tersebut.

Dolar AS juga didukung pada hari Kamis oleh data yang menunjukkan pembangunan kembali A.S. meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan April, sementara indeks kondisi bisnis Philadelphia Fed naik pada bulan Mei.

Dolar Australia melemah setelah data menunjukkan bahwa tingkat pengangguran negara itu naik ke level tertinggi dalam delapan bulan, menguatkan pandangan bank sentralnya mungkin terpaksa menurunkan biaya pinjaman segera untuk merangsang ekonomi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here