Harga Minyak Tertekan Oleh Naiknya Persediaan Bensin Amerika

0
77

(Vibizmedia-Commodity) – Harga minyak mentah yang terpantau di bursa komoditi berjangka sesi Eropa yang diperdagangkan pada hari Rabu (15/05)  bergerak  lebih rendah dari perdagangan sebelumnya, tertekan kuat oleh laporan  API  terkait stok minyak mentah AS.

Harga minyak berjangka Amerika atau  West Texas Intermediate (WTI)  berada di $6137 per barel, yang turun 449 sen atau 0,81%  dari penutupan perdagangan sebelumnya. Demikian minyak mentah berjangka acuan internasional atau minyak Brent  turun 23 sen atau 0,32% berada di $71,01 per barel.

American Petroleum Institute (API)  melaporkan tadi pagi persediaan minyak mentah AS secara tak terduga naik minggu lalu, sementara bensin dan persediaan sulingan meningkat.

Sebelumnya harga minyak menguat  setelah Arab Saudi pada hari Selasa mengatakan drone bersenjata menghantam dua stasiun pompa minyaknya, dua hari setelah sabotase tanker minyak di dekat Uni Emirat Arab, sementara militer AS mengatakan siap untuk  kemungkinan ancaman yang akan segera terjadi pada AS.

Serangan itu terjadi dengan latar belakang ketegangan AS-Iran menyusul keputusan Washington bulan ini untuk mencoba memangkas ekspor minyak Iran menjadi nol dan meningkatkan kehadiran militernya di Teluk dalam menanggapi apa yang dikatakannya sebagai ancaman Iran.

Untuk perdagangan selanjutnya, analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak WTI selanjutnya dapat turun menuju posisi support di 60.63 – 59.35. Namun jika terjadi pergerakan sebaliknya akan kembali naik ke resisten 62.04 – 63.16.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here