Harga Emas Turun dari Termahal 1 Bulan Karena Pasar Kondusif Lagi

0
98

(Vibizmedia-Commodity) – Harga emas di pasar komoditas berjangka internasional sempat menanjak ke posisi tinggi 1 bulan pada sesi Asia pasca serangan tarif balasan China terhadap Amerika Serikat, kemudian terpangkas terus hingga akhir sesi Amerika beberapa saat lalu Rabu (15/05) oleh bangkitnya optimisme pasar akan negoisasi perdagangan kedua negara tersebut.

Karenanya harga emas spot atau LLG  ditutup turun 0,3 persen pada $1,296.60/ t oz setelah dibuka pada posisi $1,299.67/t oz, setelah sempat mencapai $1,303.26 di awal sesi yang merupakan harga tertinggi sejak 11 April. Demikian juga untuk harga emas berjangka AS untuk kontrak bulan Juni turun  0,6 persen menjadi $1,296.30/t oz setelah awal sesi dibuka pada posisi $1,300,80.

Anjloknya harga emas dipicu oleh kenaikan pada perdagangan bursa saham dan juga dolar AS yang kondusif terpengaruh sentimen  Amerika Serikat dan Cina memutuskan untuk terus menegosiasikan kesepakatan perdagangan mereka, yang telah mengguncang pasar keuangan selama berbulan-bulan.

Bursa saham Wall Street ditutup lebih tinggi setelah aksi jual tajam di sesi sebelumnya. Kemudian indeks dolar naik sekitar 0,2% setelah jatuh ke level terendah satu bulan di sesi sebelumnya.

Presiden Donald Trump terus menyatakan keyakinannya bahwa Cina akan menyerah pada tuntutan AS, mengklaim perjanjian perdagangan selesai 95 persen sebelum Cina mengingkari.

Analyst Vibiz Research Center secara teknikal  harga emas  diperkirakan akan turun menuju posisi support  di 1291.87 – 1287.50. Namun jika berbalik arah akan menanjak  ke posisi resistennya di  1301.60 – 1306.45.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here