Pemerintah Siapkan Ekonomi Tumbuh 6 Persen Tahun 2024

0
93
Menteri PPN atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam Murenbangnas di Hotel ShangriLa, Jakarta, Kamis, 9 Mei 2019. FOTO: VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia-Nasional) Dalam 5 tahun kedepan, pemerintah fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) untuk tidak terjebak dalam income middle trap.

Pemerintah inginkan agar Indonesia dapat tumbuh secara berkelanjutan sesuai Sustainable Development Goals (SDGs) dengan target berpenghasilan menengah tinggi.

Untuk mencapai penghasilan menengah tinggi ini, pemerintah fokus pada peningkatan SDM berkualitas, juga membangun karakter bangsa, mengurangi kesenjangan infrastruktur, politik hukum dan HAM, layanan publik dan lingkungan hidup.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, pemerintah targetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan meningkat menjadi rata-rata 5,4% sampai 6,1%, di mana tingkat kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan juga akan terus menurun, ungkap Bambang dalam Murenbangnas, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (9/5).

Sedangkan, terkait dengan lingkungan hidup, segala macam pembangunan berkelanjutan harus dengan mempertimbangkan aspek lingkungan hidup dan sumber daya alam (SDA).

Berdasarkan data Bappenas dalam 5 tahun terakhir, pembangunan nasional sudah menunjukkan hasil positif dengan pertumbuhan ekonomi di level 5,17%, tingkat kemiskinan juga turun mencapai 9,66% dan tingkat pengangguran juga dipangkas 5,34%.

Ini berarti membuktikan kesejahteraan sosial membaik, ditunjukkan dengan meningkatnya usia harapan hidup, pendidikan dan stabilitas politik. Harapan pemerintah kedepan Indonesia berdaulat maju adil dan makmur pada 2045 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here