Perundingan Dagang AS-China di Washington yang Sangat Menentukan

0
73

(Vibizmedia – Economy & Business) Liu He, wakil perdana menteri dan negosiator perdagangan utama China, akan makan malam dengan tim perdagangan Presiden AS Donald Trump Kamis malam di Washington, hanya beberapa jam sebelum AS akan menaikkan tarif barang-barang China senilai $ 200 miliar.

Liu akan makan malam dengan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan pejabat AS lainnya sebagai dua negara ekonomi terbesar di dunia berusaha untuk menyelamatkan kesepakatan perdagangan, kata sekretaris pers Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders. Liu diperkirakan tidak akan bertemu dengan Presiden Donald Trump pada hari Kamis.

Pasar akan mengawasi setiap petunjuk atau pembaruan untuk keluar dari jamuan makan malam. Saham berjangka AS buka pada pukul 6 sore ET. Saham menurun pada bel pembukaan Kamis pagi setelah Trump mengatakan pada reli kampanye Rabu malam bahwa China “melanggar kesepakatan.”

Investor telah mengikuti pembicaraan dengan cermat karena mereka berharap AS dan China dapat menghindari perluasan konflik perdagangan mereka dan merusak ekonomi global. Ditanya apakah Gedung Putih – yang mengawasi pasar keuangan – siap untuk reaksi pasar Jumat jika tidak ada kesepakatan, Sanders menjawab, “Kami selalu siap.”, demikian seperti yang dilansir CNBC.

AS telah secara resmi mengajukan dokumen untuk menaikkan bea atas produk-produk China menjadi 25% dari 10% pada pukul 12:01 ET pada hari Jumat. Sementara pemerintahan Trump mengatakan dapat membalikkan keputusannya jika kedua pihak membuat kemajuan selama pembicaraan hari Kamis.

Trump pertama kali mengumumkan kenaikan tarif pada hari Minggu ketika AS menuduh China mengingkari bagian-bagian penting dari kesepakatan perdagangan yang berkembang.

Trump telah mendorong untuk kesepakatan untuk mengatasi keluhan dengan China seperti pencurian kekayaan intelektual, transfer teknologi paksa dan defisit perdagangan. Pemerintahan Trump telah menempatkan tarif pada barang-barang China senilai $ 250 miliar dan telah mengancam untuk memungut bea pada lebih banyak produk.

Tentu pertemuan malam waktu Washington ini akan sangat menentukan kelanjutan negosiasi dagang AS-China. Pasar global memasang mata pada pembicaraan ini, dan jika terdapat tanda harapan positif kesepakatan dagang, akan dapat memulihkan kembali pasar global dari kerugian.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here