Pasar Global Tertekan Pernyataan Trump

0
80

(Vibiznews – Economy & Business) Pasar global hari ini tertekan dengan ketegangan yang terus berlanjut dalam perang dagang AS-China. Hal tersebut tercetus melalui pernyataan Presiden AS Donald Trump yang mengatakan pada hari Rabu bahwa China telah melanggar kesepakatan dalam pembicaraan perdagangan AS-China yang sedang berlangsung.

Berbicara pada rapat umum di Florida, Presiden mengaitkan ancamannya baru-baru ini atas kenaikan tarif dengan posisi negosiasi Beijing.

Selama akhir pekan, Trump mengejutkan pasar dengan memberikan ancaman melalui Twitter bahwa ia akan secara signifikan menaikkan tarif atas barang-barang China – dengan kenaikan pertama Jumat ini, dan lainnya tak lama lagi.

Presiden mengatakan pembicaraan perdagangan dengan China telah bergerak terlalu lambat ketika Beijing mencoba untuk bernegosiasi kembali. Hal itu mengejutkan banyak pengamat karena laporan baru-baru ini mengindikasikan bahwa dua negara ekonomi terbesar di dunia dapat ditetapkan untuk menandatangani perjanjian pada awal pekan ini.

Trump menambahkan bahwa Amerika Serikat tidak akan mundur sampai Tiongkok berhenti menipu pekerja dan mencuri pekerjaan mereka.

China mengatakan pada hari Rabu sebelumnya bahwa Beijing akan membalas jika tarif AS atas $ 200 miliar barang-barang China dinaikkan menjadi 25% dari 10% karena Trump telah mengancam.

Berbicara di rapat umum di Florida, Trump menyarankan AS akan baik-baik saja jika tidak ada kesepakatan dan perang dagang dengan China berlanjut.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here