Moeldoko: KPU Lembaga Independen dan Tidak Berpihak Pada Pemerintah

0
93

(Vibizmedia – Pilpres) – Ditengah perkenalan posko Real Count Pilpres 2019 milik Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Amin hari Minggu (21/04) di Hotel Gran Melia, Moeldoko yang sehari-hari juga bertugas sebagai Ketua Harian Tim Kampanye Nasional Paslon Nomor Urut 01 menegaskan kepada publik perihal isu yang beredar bahwa KPU berpihak kepada pemerintah dan berlaku curang terhadap hasil pilpres 2019.

Moeldoko menyampaikan bahwa KPU itu sebuah lembaga yang memiliki dasar konstitusi dan bukan lembaga yang dibentuk oleh pemerintah dan bukan milik pemerintah. KPU juga lembaga independen yang berdiri sendiri, selain punya kekuatan hukum juga lembaga milik semua masyarakat .

Sehingga jika ada yang berpikir KPU seolah-olah milik pemerintah merupakan pandangan yang menyesatkan dan harus diluruskan. Selain itu jika terjadi sesuatu di KPU dan dituduh sebagai rekayasa pemerintah, itu merupakan hal yang terpisah. Moeldoko berharap masyarakat umum memahaminya, karena TKN sendiri pun punya beberapa catatan yang akan disampaikan kepada KPU jika diperlukan suatu saat.

Moeldoko juga menyampaikan bahwa TKN memahami bahwa mengelola pemilu serentak seperti ini dengan konfigurasi geografis Indonesia sekarang dan juga jumlah penduduk yang tersebar di mana-mana dan seterusnya itu tidak mudah. Karenanya beliau mengajak jika ada hal-hal kecil kekurangan KPU untuk dipahami dan jangan dituduh macam-macam sehingga apa yang dikerjakan sekarang bisa dipercaya oleh masyarakat.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here