Bursa Jepang Pimpin Keuntungan Saham Asia Awal Pekan

0
85

(Vibizmedia-Index) – Perdagangan saham bursa kawasan Asia Pasifik hari Senin (15/04) ditutup sebagian besar lebih tinggi  karena kekhawatiran perdagangan AS-Cina mereda setelah Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan pada hari Sabtu ia berharap bahwa kedua belah pihak dekat dengan putaran final negosiasi. Sentimen juga didukung oleh data ekspor dan pinjaman bank Tiongkok yang lebih kuat dari perkiraan yang dirilis pekan lalu.

Bursa saham China menyerah kenaikan awal yang berakhir lebih rendah, dengan indeks Shanghai Composite ditutup turun 0,34 persen pada 3.177,79. Indeks Hang Seng bursa saham Hong Kong tergelincir 0,33 persen menjadi 29.810,72 setelah awal sesi bergerak positif.

Bursa saham Jepang mencapai level tertinggi empat bulan, dengan sentimen terangkat oleh yen yang lebih lemah dan isyarat positif dari pasar saham global. Indeks  Nikkei naik 298,55 poin atau 1,37 persen menjadi 22.169,11, memperpanjang kenaikan untuk sesi ketiga berturut-turut.  Saham Bank Mizuho Financial, Mitsubishi UFJ Financial Group dan Sumitomo Mitsui Financial Group menguat 1-2 persen setelah raksasa keuangan AS J.P. Morgan dan Wells Fargo keduanya membukukan hasil pendapatan yang lebih baik dari perkiraan.

Perdagangan saham Seoul ditutup lebih tinggi untuk sesi ke-12 berturut-turut karena investor menyambut awal yang kuat untuk musim pendapatan AS dengan indeks Benchmark Kospi naik 9,43 poin atau 0,42 persen menjadi 2.242,88. Saham  Asiana Airlines melonjak sebanyak 30 persen di tengah laporan bahwa Kumho Asiana Group akan segera mengirimkan rencana perbaikan.

Untuk perdagangan saham kawasan Asia Pasifik, bursa saham Australia  berfluktuasi sebelum berakhir dengan nada datar dengan saham penambang emas menyerah pada tekanan jual, mengimbangi kenaikan saham  sektor keuangan. Indeks ASX 200 menguat 0,05  persen.

Dan untuk perdagangan saham bursa New Zealand, indeks NZX 50 memperpanjang kenaikan untuk sesi ketiga berturut-turut, dengan  naik 78,02 poin atau 0,80 persen menjadi 9.846,35. Perusahaan susu a2 Milk dan Synlait Milk memimpin lonjakan untuk berakhir lebih tinggi masing-masing sebesar 4,2 persen dan 2,9 persen.

Untuk perdagangan bursa saham Indonesia di bursa Jakarta juga alami penguatan, kini indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,46 persen ke posisi 6435.15. Dukungan kuat indeks dipicu oleh naiknya saham-saham unggulan sektor industri dasar dan konsumer.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang
SHARE
Previous articleWNI di AS Memilih Secara Serentak
Next articleDolar Berusaha Stabil Setelah Ditopang Komentar Presiden Trump
Avatar
Jul Allens is Editor in Vibiznews.com and as Senior Commodity Researcher of Vibiz Research Center, that makes market analysis (fundamental & technical) and research of global commodities. Since 2004 he has also active as a national leadership trainer - Vibiz Learning Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here