Ma’ruf Amin Terangkan “Dedi Dewi”, UMI, dan Bank Wakaf

0
42

(Vibizmedia – Pilpres) – Debat kelima akhirnya tiba juga, Sabtu (13/4). Kedua Paslon Capres dan Cawapres telah mempersiapkan diri memasuki debat kelima. Bagi Jokowi-Ma’ruf acara di hotel Sultan ini menyambung dari Kampanye Akbar Konser Putih Ber-SATU di GBK yang baru saja berakhir pukul 17.00 WIB tadi.

Salah satu topik yang dibahas adalah mengenai kesejahteraan sosial. Pertanyaan tentang kesejahteraan sosial adalah sebagai berikut. Partisipasi perempuan di ekonomi sangat sering memberikan kontribusi dalam kelompok masyarakat. Dalam indeks masyarakat global WEF, tingkat partisipasi kerja perempuan 51%, lebih rendah dari laki-laki. Diskriminasi masih sering terjadi. Bagaimana kebijakan dan strategi konkret untuk menjamin perempuan dari diskriminasi di dunia kerja bukan hanya wacana.

Pertanyaan ini dilemparkan terlebih dahulu pada Paslon 02. Capres 02 Prabowo menjawab dengan menyatakan partisipasi kaum perempuan dalam kehidupan bangsa negara sangat vital, dan sudah pernah ada presiden perempuan di Indonesia. Peranan emak-emak pun di pemilu saat ini memang besar.

Sementara Sandi menambahkan bahwa dua pertiga ekonomi keluarga ditopang perempuan. Untuk itu, dibutuhkan entrepreneurship yang akan didorong untuk memperbaiki ekonomi keluarga.

Ma’ruf Amin dalam kesempatan berikut menjawab: “Visi kami mengutamakan kesetaraan gender, berusaha maksimal tidak hanya di ekonomi, tapi juga di politik dan pemerintahan.”

Ma’ruf Amin juga menjelaskan tersedianya Bank Wakaf Mikro di pesantren dimana nasabahnya 100% adalah perempuan. “Ini upaya pemberdayaan dan sudah beribu-ribu ibu-ibu tertolong,” yakinnya. Ditambahkannya bahwa di desa-desa telah diciptakan DEWI (Desa Wisata) dan DEDI (Desa Digital).

Jokowi pun menambahkan bahwa sudah ada program untuk ekonomi perempuan yaitu program MEKAR yang sudah berjalan empat tahun dimana sudah ada 4,2 juta lebih nasabah perempuan, merupakan pinjaman untuk berdagang asongan, baso, mie.

Ada juga program UMI yang sudah berjalan 1,5 tahun dan sudah memiliki 1,15 juta nasabah yang lebih mikro lagi.

 

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here