Menkeu Rusia : Kerjasama Rusia-AS Dapat Meningkatkan Kesehatan Ekonomi Global

0
82

(Vibizmedia – Economy & Business) Rusia dan AS harus menemukan cara untuk menyelesaikan perbedaan mereka di panggung internasional untuk meningkatkan kesehatan ekonomi global secara keseluruhan, demikian pernyataan menteri keuangan Rusia Anton Siluanov pada hari Kamis seperti yang dilansir CNBC.

Komentarnya datang di tengah serangkaian provokasi panjang dan gejolak antara Moskow dan Washington dalam beberapa tahun terakhir, yang hubungannya dipandang oleh banyak orang sebagai yang terburuk sejak Perang Dingin.

Bulan lalu, Jaksa Agung AS William Barr mengatakan dalam ringkasan laporan lengkap Penasihat Khusus Robert Mueller tentang campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden AS 2016 bahwa tidak ada bukti kolusi antara kampanye Presiden Donald Trump dan Rusia.

“… Saya pikir kita perlu memperkuat hubungan kita, baik hubungan ekonomi dan politik, antara AS dan Rusia. Ini akan bermanfaat bagi ekonomi global dan bagi negara kita, orang-orang kita dan pengusaha kita, pertama dan terutama, ‚ÄĚkata Siluanov di Washington pada hari Kamis.

Rusia telah berulang kali mengkritik sanksi AS dan UE yang diterapkan di Rusia sejak 2014 karena berbagai alasan, mulai dari pencaplokannya di Krimea, keracunan mantan mata-mata di AS dan campur tangan dalam pemilihan AS 2016.

Pada tahun 2018, produk domestik bruto Rusia (PDB) tumbuh sebesar 2,3%, menandai tingkat ekspansi tertinggi negara itu dalam hampir tujuh tahun.

“Tingkat pertumbuhan ekonomi kurang terkait dengan harga minyak karena kami telah mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melakukan reformasi struktural dan perubahan, untuk meningkatkan tingkat pertumbuhan,” kata Siluanov.

“Kami telah meminimalkan dampak harga minyak dan gas pada anggaran kami, kami telah meminimalkan dampaknya pada neraca pembayaran sehingga tingkat pertumbuhan yang kami nikmati baru-baru ini telah dicapai dengan meningkatkan aktivitas bisnis dan investasi,” tambahnya.

Sebagai salah satu produsen gas alam dan minyak top dunia, Rusia akan diuntungkan oleh harga minyak yang lebih tinggi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here