Stok Bensin di Amerika Turun Drastis, Harga Minyak Brent Tertinggi 5 Bulan

0
101

(Vibizmedia-Commodity) – Harga minyak mentah dunia yang diperdagangkan di bursa komoditas internasional sesi Amerika  yang baru ditutup  Kamis (11/04)  naik setelah laporan EIA menunjukkan penurunan drastis dari pasokan bensin di Amerika, sekalipun persediaan minyak mentah naik ke level tertinggi dalam lebih dari setahun.

Harga minyak mentah berjangka Brent, patokan untuk harga minyak internasional yang diperdagangkan di ICE Futures Group naik $1,04 atau 1,5% pada $ 71,73 per barel  setelah sempat mencapai tertinggi lima bulan pada posisi $71.78.

Demikian juga harga Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS yang diperdagangkan di New York Mercantile Exchange naik 64 sen atau 1% menjadi $64,62 per barel, bertahan di bawah level terkuat sejak November 2018 yang dicapai perdagangan sebelumnya.

EIA melaporkan pasokan minyak mentah AS pekan lalu naik ke level tertinggi sejak November 2017 karena impor meningkat, membengkak sebesar 7 juta barel minggu lalu, dibandingkan dengan ekspektasi untuk kenaikan 2,3 juta barel.  Sementara itu persediaan bensin mencatat penurunan paling tajam sejak September 2017, stok bensin turun 7,7 juta barel dibandingkan dengan ekspektasi  untuk penurunan 2 juta barel.

Kenaikan harga juga didorong oleh sanksi AS terhadap eksportir minyak Iran dan Venezuela, serta pengurangan pasokan oleh OPEC. Pasokan dari OPEC turun setengah juta barel per hari di bulan Maret ke level terendah empat tahun karena Arab Saudi terus mengekang produksi. Pemotongan produksi bulanan total sekitar setengah persen dari permintaan minyak mentah global.

Laporan bulanan OPEC yang dirilis pada hari Rabu menunjukkan bahwa produksi minyak Venezuela merosot bulan lalu ke level terendah jangka panjang di bawah 1 juta barel per hari, karena sanksi AS dan pemadaman listrik di negara tersebut.

 

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here