Silaturahmi Nasional Pemerintah Desa Se-Indonesia, Jokowi : “Desa itu selalu berada dalam pikiran saya”

0
135

Acara yang telah diselenggarakan dari tanggal 9/04/2019 hingga 11/04/2019 ini yang pada hari ini para kepala desa se Indonesia mendapatkan pengarahan dari Presiden Joko Widodo, dan juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, juga Eko Putro Sandjojo Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menko Polhukam Wiranto di Tennis Indoor Senayan Jakarta

Menko Polhukam Wiranto memberikan pengarahan juga kepada ribuan kepala desa seluruh Indonesia bahwa dalam pemerintah Jokowi Indonesia dibangun dari pinggiran. Terbangunnya Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu di berbagai daerah adalah contohnya.Dan sekarang Indonesia menjadi negara teraman no.9 di dunia, peringkat nomor 2 tujuan investasi.

FOTO: VIBIZMEDIA.COM|RULLY

Kepala Desa Ngerapah menyampaikan terimakasih karena Presiden Jokowi telah berjuang untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, melalui dana desa dan meminta untuk dilanjutkan. Kegiatan ini memang merupakan keinginan permerintah desa dan dibiayai sendiri.

Dalam pengarahannya Presiden Jokowi menyampaikan “Desa itu selalu berada dalam pikiran saya, menurut saya membangun desa adalah membangun Indonesia.” Desa ada 74 ribu lebih, dan Jokowi mengatakan bahwa kepala desa adalah presiden desa, dan bekerja 24 jam. Karena itu sudah dikucurkan sejak tahun 2015 sejumlah Rp 20 Triliun, 2016 sejumlah Rp 46 Triliun, 2017 naik menjadi Rp 60 Triliun, 2018 semakin besar Rp 60 Triliun sehingga totalnya sudah mencapai Rp 257 Triliun.

Jokowi meminta pemerintah desa supaya hati-hati karena ini uang besar dan akan dianggarkan lebih besar. Yang menguasai medan adalah para kepala desa. Kemajuan desa kuncinya, kepemimpin desa dan perhatikan kualitas SDM.

FOTO: VIBIZMEDIA.COM|RULLY

Kalau 5 tahun ini pada pembangunan infrastruktur desa maka kedepan digeser pada inovasi dan ekonomi. Doronglah dengan mesin kemasan agar baik dengan brand baik bawa ketingkat nasional melalui online market place.

Telah selesai pembangunan melalui dana desa yaitu 191.000 km jalan desa, 24.000 unit pos yandu, 50.000 paud, 8.900 pasar desa, 58.000 unit irigasi, 1.1 juta meter jembatan, dan lain-lain.

Jokowi memesankan supaya menggunakan barang-barang lokal di desa, tenaga kerja dari desa, sehingga memutar ekonomi desa. Laporan juga akan disederhanakan yang dipentingkan hasil berguna bagi rakyat. Tiga kepala desa dari Sumatra Barat, Gorontalo, dan Aceh yang dimintai pendapatnya mengharapkan adanya penyederhanaan karena laporan yang sulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here