Pasar Global Rebound; Kekhawatiran Resesi Mereda

0
34

(Vibizmedia – Economy & Business) Treasury jatuh dan indeks saham berjangka AS naik pada hari Selasa karena kekhawatiran investor dipicu oleh sinyal dari pasar obligasi Amerika menunjukkan tanda-tanda pelonggaran. Dolar stabil dan saham Eropa menguat.

Hasil pada patokan utang AS naik setelah ditutup di bawah 2,4 persen pada hari Senin, meskipun spread antara suku bunga tiga bulan dan 10 tahun tetap di wilayah negatif. Berjangka pada indeks Dow Jones, Nasdaq dan S&P 500 semua menguat, dan kenaikan di perusahaan kesehatan membantu Indeks Stoxx 600 Eropa menjadi hijau. Di Asia, Indeks Topix Jepang melonjak lebih dari 2,5 persen, sehari setelah itu mengalami penurunan terbesar tahun ini. Obligasi Eropa melacak Treasuries lebih rendah dan euro naik terhadap dolar AS.

Pedagang tetap gelisah mengikuti peningkatan volatilitas pada akhir pekan lalu setelah data Eropa kecewa dan kurva imbal hasil AS terbalik – indikator resesi kunci bagi banyak orang di pasar. Hasil dari pembicaraan perdagangan antara Amerika dan China dan setiap perkembangan di Inggris yang keluar dari Uni Eropa menentukan sentimen pasar.

Sementara itu, pound berfluktuasi sebelum berbalik lebih tinggi terhadap dolar karena Brexiteers utama berayun di belakang rencana Perdana Menteri Theresa May untuk meninggalkan Uni Eropa. Legislator masih bisa mendorong untuk opsi alternatif, berpotensi termasuk referendum kedua, atau bahkan membatalkan Brexit.

Di tempat lain, minyak rebound karena meningkatnya ketegangan di Venezuela mengancam untuk membatasi pasokan dari pemegang cadangan minyak mentah terbesar di dunia. Emas mundur untuk pertama kalinya dalam tiga hari. Mata uang pasar berkembang stabil karena saham naik tipis.

Berikut adalah beberapa acara penting yang akan dilaksanakan :

Perundingan perdagangan AS-Tiongkok dilanjutkan, dengan delegasi tingkat kabinet Amerika akan tiba di Tiongkok.

Parlemen Inggris diatur untuk menggelar beberapa suara kunci pada Brexit pada hari Rabu.

Gubernur Fed Randal Quarles akan berbicara Jumat kepada Komite Pasar Terbuka Shadow tentang “Pendekatan Strategis untuk Neraca dan Komunikasi Fed.”

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here