Bagaimana Kelanjutan Brexit? Ini Prosesnya

0
113

(Vibizmedia – Economy & Business) Inggris tidak jadi meninggalkan Uni Eropa pada hari Jumat, karena anggota parlemen Inggris tetap berselisih tentang cara meninggalkan Uni Eropa (UE).

Jadi kapan Brexit akan terjadi? Berikut adalah tanggal-tanggal penting berikutnya dalam proses penarikan dari Inggris dari Uni Eropa seperti yang dilansir CNBC.

Senin, 25 Maret
Anggota parlemen Inggris akan membahas langkah selanjutnya. Mengingat kebuntuan selama empat bulan di House of Commons, Perdana Menteri Theresa May telah meminta UE lebih banyak waktu untuk mencoba mencapai konsensus.

Anggota parlemen tetap terpecah tentang Brexit. May percaya kesepakatannya dengan UE adalah cara terbaik untuk memberikan Brexit, tetapi politisi tertentu sangat keberatan dengan salah satu kesepakatan kebijakannya – hambatan Irlandia. Ini adalah upaya mencegah perbatasan keras antara Irlandia Utara (yang merupakan bagian dari Inggris) dan Republik Irlandia (yang akan tetap menjadi negara UE), seandainya Inggris dan UE tidak melakukan perjanjian perdagangan .

Untuk memutuskan apa yang akan terjadi selanjutnya, anggota parlemen Inggris akan membahas rencana untuk “pemilihan indikatif” pada Senin sore, dan kemudian kemungkinan akan memberikan suara pada larut malam pada apakah ini akan berlangsung pada hari Rabu minggu ini. Jika disetujui, itu akan memungkinkan anggota parlemen untuk mengendalikan bisnis parlementer dan berpotensi memegang suara yang menguji berbagai opsi Brexit, melemahkan kontrol May terhadap situasi.

Selasa, 26 Maret
Anggota parlemen Inggris dapat memiliki suara ketiga pada kesepakatan May – secara resmi disebut perjanjian penarikan.

Uni Eropa mungkin telah memberikan perpanjangan kepada UK untuk sejumlah peringatan. Jika anggota parlemen Inggris menyetujui perjanjian ini minggu ini, maka Brexit akan diperpanjang hingga 22 Mei. Jika ditolak lagi, Inggris memiliki waktu hingga 12 April untuk meninggalkan UE.

Jumat, 29 Maret
Hukum Inggris masih siap untuk keberangkatan hari Jumat ini. Jadi House of Commons perlu memutuskan sampai kapan akan memperpanjang keanggotaan UE dan kemudian memperbarui undang-undang saat ini.

Jumat, 12 April
Jika anggota parlemen Inggris gagal mencapai kompromi maka ini akan menjadi hari Brexit tanpa kesepakatan. Ini berarti Inggris akan berhenti menjadi anggota UE dalam semalam, tanpa ada kesepakatan atau masa transisi – skenario yang akan membawa ketidakpastian besar-besaran untuk bisnis, warga negara, dan pasar.

Alasan tanggal ini terkait dengan pemilihan UE mendatang di Parlemennya, yang dijadwalkan pada akhir Mei. Menurut undang-undang, ini adalah tenggat waktu yang diperlukan UK untuk memberi tahu UE apakah mereka ingin mengadakan pemilihan Parlemen Eropa sendiri, meskipun meninggalkan blok.

Kamis, 18 April
Ini adalah sesi terakhir Parlemen Eropa sebelum pemilihan ؅ – yang berarti ini akan menjadi kesempatan terakhir bagi anggota parlemen Uni Eropa saat ini untuk meratifikasi perjanjian penarikan pada akhirnya. Mereka menunggu persetujuan UK sebelum memberikan suara pada kesepakatan tetapi diharapkan bahwa komisi akan menyetujui kesepakatan.

Rabu, 22 Mei
Jika anggota parlemen Inggris telah menyetujui perjanjian penarikan, ini adalah tanggal baru untuk keberangkatan UK dari blok. Setelah tanggal ini, UK akan menjadi posisi untuk memulai fase kedua dari proses negosiasi, yang difokuskan pada pemogokan kesepakatan perdagangan baru antara 27 negara Uni Eropa dan Inggris.

Kamis, 23 Mei
Warga Eropa memberikan suara pada perwakilan baru mereka untuk Parlemen Eropa. Proses pemungutan suara berlangsung hingga 26 Mei.

Selasa, 2 Juli
Parlemen Eropa yang baru terpilih memiliki sesi pleno pertamanya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here