Lensa Riau: Mengenal Pembuatan Batu Bata di Pelalawan

1
149
Pembuatan Batu Bata di Kabupaten Pelalawan, Riau (Photo: Handi Fu VM)

(Vibizmedia – Lensa Riau) Pengalaman perjalanan dari Lampung menuju Medan, melintasi jalan darat, sambil menikmati nyamannya perjalanan lewat tol trans Sumatera sungguh menyenangkan. Mengagumi keindahan alam ketika perjalanan bagaikan membelah kebun sawit, melewati tebing pantai atau berhenti di kota-kota dan bertemu banyak orang.

Satu hal lagi yang tidak bisa dipungkiri adalah sekaligus menikmati kemajuan pembangunan infrastruktur di Sumatera yang semakin maju. Perjalanan panjang melalui tol trans Sumatera kini bukan merupakan perjalanan yang penuh perjuangan, tetapi banyak hal yang bisa dinikmati karena perjalanan cukup nyaman.

Pembuatan Batu Bata milik penduduk di Kabupaten Pelalawan, Riau (Photo: Handi Fu / VM)

Salah satu daerah yang kami singgahi adalah Kabupaten Pelalawan yang masuk di Provinsi Riau. Kabupaten ini saya ingat merupakan kabupaten yang berkembang karena memiliki aneka usaha kecil, salah satunya usaha batu bata. Nah….kami menyempatkan singgah sejenak di salah satu desa di Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan untuk mengamati langsung dapur pembuatan batu bata milik salah satu penduduk.

Proses pembuatan Batu Bata di Kabupaten Pelalawan, Riau (Photo: Handi Fu/ VM)

Perkembangan  usaha  batu  bata  mengalami  peningkatan  setiap  tahun nya di Kecamatan   Pangkalan   Kuras,  Kabupaten  Pelalawan ini. Pendapatan rata-rata rumah tangga pengusaha batu bata dari usaha sekitar Rp. 3 juta per bulan.

Proses pembuatan batu bata secara umum setelah pengilasan lempung (mencampur bahan lempung dengan salah satu dari pasir, sekam padi, parutan kayu) untuk menguatkan batu bata marah. Selanjutnya dilakukan pemeraman, agar butiran kasar menjadi lunak dan liat. Lalu kemudian pengilasan baru masuk ke proses pencetakan dengan cetakan.

Dapur Pembuatan Batu Bata di Kabupaten Pelalawan, Riau (Photo: Handi Fu/ VM)

Tahap berikutnya adalah pengeringan yang dilakukan secara alami dengan bantuan cahaya matahari. Setelah batu bata kering, disusun dan siap masuk ke pembakaran.

Proses Pembuatan Batu Bata di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau (Photo: Handi Fu/ VM)

Pembakaran dilakukan dengan cara memasukan kayu kedalam lubang dibawah susunan batu bata merah mentah,  membuat dinding disekeliling susunan batu bata tersebut dengan tujuan  mempercepat suhu dalam susunan batu bata naik keatas, dan ditambahkan sekam (bekas kupasan kulit padi. Tahap finishing adalah penyiraman bagian atas susunan dengan sekam padi.

Handi Fu/Journalist/ VM
Editor: Emy Trimahanani

 

1 COMMENT

  1. Setelah membaca artikel ini, saya jadi tau proses pembuatan batu bata.
    Selama ini, saya hanya jadi end user / konsumen / pemakai batu bata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here