Pertemuan Trump-Xi Jinping Untuk Kesepakatan Dagang Diperkirakan April

0
70

(Vibiznews – Economy & Business) Pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping untuk menandatangani perjanjian untuk mengakhiri perang dagang mereka tidak akan terjadi bulan ini dan lebih mungkin terjadi pada bulan April paling awal, tiga orang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan seperti yang dilansir Bloomberg.

Terlepas dari klaim kemajuan dalam pembicaraan oleh kedua belah pihak, pertemuan puncak yang diharapkan di resor Trump Mar-a-Lago sekarang akan berlangsung pada akhir April jika itu terjadi, menurut salah satu orang.

Staf Xi telah membatalkan perencanaan untuk penerbangan potensial ke AS setelah perjalanan ke Eropa akhir bulan ini, kata orang yang terpisah. Orang-orang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Indeks saham berjangka AS jatuh pada berita tersebut. Yuan lepas pantai China memperpanjang penurunannya hingga 0,51 persen, terbesar sejak 1 Februari.

Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer minggu ini menunjuk ke “masalah besar” yang masih belum terselesaikan dalam pembicaraan, dengan beberapa tanda terobosan pada subyek yang paling sulit termasuk perawatan kekayaan intelektual.

Trump sendiri telah bergeser nada dalam beberapa hari terakhir, berjalan kembali dari pendekatan yang lebih mendesak untuk mendapatkan kesepakatan yang ditandatangani pada awal Maret. Dia mengakui kekhawatiran di Beijing tentang kemungkinan dia meninggalkan perjanjian perdagangan, menawarkan untuk mendorong kembali pertemuan puncak dengan Xi sampai kesepakatan akhir tercapai.

“Kita bisa melakukannya,” kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih, Rabu, seperti yang dilansir Bloomberg. “Kita dapat menyelesaikan transaksi dan datang dan menandatangani atau kita bisa menyelesaikan kesepakatan dan menegosiasikan beberapa poin terakhir. Saya lebih suka itu. Tapi itu tidak masalah. “

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here