Bursa Global Menguat; Kebijakan Bank Sentral Dunia Dicermati

0
73

(Vibiznews – Economy & Business) Bursa Saham naik di Eropa dan Asia dan berjangka AS maju karena pasar ekuitas berusaha melepaskan minggu terburuk tahun ini. Dolar AS bertahan stabil karena penjualan ritel Amerika untuk Januari datang di atas ekspektasi setelah terjun bulan sebelumnya.

Kontrak pada S&P 500 dan Nasdaq meraih keuntungan di pembukaan, sementara berjangka pada Dow menunjukkan indeks kemungkinan akan tergelincir setelah kecelakaan Boeing 737 Max pada hari Minggu. Saham Boeing turun lebih dari 10 persen dalam perdagangan pra-pasar. Bank membantu Indeks Stoxx 600 Eropa untuk kenaikan pertama dalam empat sesi, dengan Commerzbank AG di antara pemenang terbesar pada laporan itu mendekati merger dengan Deutsche Bank AG.

Di Asia, saham China mengungguli, mengupas beberapa kerugian Jumat, dengan saham di Jepang dan Hong Kong juga lebih tinggi. Di Norwegia, krone menguat karena inflasi yang meningkat meningkatkan peluang kenaikan suku bunga minggu depan.

Sejumlah rilis data minggu ini akan diawasi dengan cermat untuk petunjuk tentang pertumbuhan dan dampak kebijakan bank sentral di AS, Uni Eropa dan China, dengan Bank Jepang berikutnya yang akan bertemu.

Di bidang perdagangan, Beijing dan Washington secara umum sepakat mengenai banyak masalah krusial dan telah mengadakan diskusi yang berarti mengenai valuta asing, kata Gubernur Bank Rakyat Tiongkok Yi Gang.

Di tempat lain, harga minyak naik karena Arab Saudi memperpanjang pemotongan produksi lebih dalam dari yang disepakati. Pound berfluktuasi ketika suara kunci Brexit lain tampak di parlemen pada revisi kesepakatan Perdana Menteri Theresa May, sementara lira Turki tetap stabil bahkan ketika negara memasuki resesi pertama dalam satu dekade.

Berikut adalah beberapa event penting yang akan muncul:

Data penjualan ritel dan produksi industri China semuanya dijadwalkan untuk rilis minggu ini. Kongres Rakyat Nasional akan ditutup dengan pidato pada hari Jumat dari Perdana Menteri Li Keqiang.

House of Commons UK memberikan suara pada hari Selasa pada revisi kesepakatan Brexit Mei, 20 hari sebelum Inggris dijadwalkan meninggalkan Uni Eropa.

Presiden A.S. Donald Trump diperkirakan akan merilis anggaran tahun 2020 fiskal yang diusulkan pada hari Senin.

Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda akan berbicara pada hari Jumat, setelah ia dan dewan direksi bertemu untuk memutuskan kebijakan moneter.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here