Kurs Euro dan Harga Emas Anjlok Parah Setelah Pengumuman ECB

1
76

(Vibizmedia – Forex) – Di akhir pertemuan bulanan Komite Kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) memutuskan kebijakan moneter mereka, Presiden ECB Mario Draghi mengumumkan kebijakan yang sangat mengecewakan para pelaku pasar keuangan sehingga berdampak terhadap pergerakan mata uang Euro dan juga aset investasi lainnya.

Dari pernyataan Mario Draghi tersebut, ECB tidak mengubah suku bunganya di posisi rendah juga memangkas target inflasi selain dari dipangkasnya proyeksi pertumbuhan ekonomi kawasan Euro. ECB menetapkan suku bunga tidak berubah dari sebelumnya 0 persen, demikian juga fasilitas pinjaman marjinal dan fasilitas deposito tidak berubah masing-masing 0,25 persen dan -0,40 persen.ECB juga indikasikan bahwa suku bunga akan tetap tidak berubah untuk sisa tahun ini.

Kemudian Bank Sentral Eropa juga memproyeksikan pertumbuhan ekonomi kawasan Euro tahun 2019 menjadi 1,1%-1,6%, yang dipangkas dari 1,7% yang ditetapkan bulan Desember lalu. Kemudian perkiraan inflasi dipangkas menjadi 1,2 persen (sebelumnya 1,6 persen) untuk tahun 2019 dan 1,5 persen (sebelumnya 1,7 persen) untuk berikutnya.

Setelah pengumuman kebijakan ECB ini mata uang kawasan Euro anjlok terus hingga akhir sesi perdagangan sesi Amerika yang berakhir beberapa saat lalu Jumat (08/03). Kurs euro anjlok terhadap semua rival utamanya, dan terhadap dolar AS anjlok 1 persen lebih hingga terjun ke posisi terendah dalam 2-3/4 tahun atau yang terakhir sejak Juni 2017. Posisi kurs euro terhadap dolar AS dalam pair EURUSD ditutup pada posisi 1.1192 setelah dibuka pada 1.1305.

Anjloknya kurs euro terhadap dolar AS memberikan kekuatan bagi rival-rival utama lainnya yang diperdagangkan terhadap kurs euro mencetak kenaikan signifikan. Kemudian juga berdampak terhadap aset investasi logam mulia, dimana pasca pengumuman ECB tersebut pasar memburu dolar AS dan banyak menjual emas.

Harga emas spot atau LLG setelah akhir perdagangan anjlok 0,05 persen menjadi $1285,14 per troy ounce dan sebelumnya sempat anjlok ke posisi terendah dalam 2 bulan di $1280.73. Demikian juga dengan harga emas berjangka AS turun $1,50 ke posisi $1286.10 per troy ounce.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 
SHARE
Previous articleBursa Saham Turun; Euro dan Poundsterling Melemah
Next articleSri Mulyani Optimis Moda Raya Terpadu (MRT) Efisien
Avatar
Jul Allens is Editor in Vibiznews.com and as Senior Commodity Researcher of Vibiz Research Center, that makes market analysis (fundamental & technical) and research of global commodities. Since 2004 he has also active as a national leadership trainer - Vibiz Learning Center

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here