Indonesia Peringati International Women’s Day Dengan Tema ‘Bersama Memperkuat Bangsa’

0
158
Ilustrasi: Wanita Penjual Buah Rambutan di Pasar Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara (Photo: Ferdinan R /VM)

(Vibizmedia – Nasional) Setiap tanggal 8 Maret diperingati International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional. Dalam situs resminya, International Women’s Day  menjelaskan alasan mengapa memilih tema ‘balance for better’ pada 2019 ini. Alasannya adalah ditujukan untuk kesetaraan gender, kesadaran yang lebih besar tentang adanya diskriminasi dan merayakan pencapaian perempuan.

Aplikasinya termasuk mengurangi adanya gap pendapatan atau gaji pria dan wanita. Memastikan semuanya adil dan seimbang dalam semua aspek, pemerintahaan, liputan media, dunia kerja, kekayaan dan dunia olahraga.

Pemerintah Indonesia, dalam hal penghargaan kepada kaum  wanita tidak perlu diragukan, karena untuk hal ini telah ditunjuk seorang Menteri yang memimpin khusus Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Indonesia, yaitu ) Yohana Yembise.

Indonesia Peringati International Women’s Day Dengan Tema ‘Bersama Memperkuat Bangsa’, di Istana Negara (Photo : Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didamping Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise melakukan dialog dengan perempuan arus bawah di Istana Negara, Jakarta (06/03) yang lalu. Hadir juga 16 perempuan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang dinobatkan sebagai tokoh perempuan inspiratif.

Kali ini tema yang diangkat adalah ‘Bersama Memperkuat Bangsa’. Menteri Yohana ketika memberikan kata sambutan di awal dialog, menyemangati dan mendorong aktifis dan organisasi masyarakat untuk terus memperjuangkan hak para perempuan Indonesia.

Di hadapan ratusan tokoh dan aktifis perempuan, Presiden Joko Widodo mengaku bangga dan mengapresiasi kerja-kerja sosial yang memperhatikan perempuan. “Perjuangan dan pemaparan dari ibu-ibu aktivis yang banyak berkaitan dengan ekonomi, hukum, kesehatan, pendidikan, KDRT dan lain-lain, saya pikir itu adalah prestasi yang masih diharapkan dari perempuan-perempuan Indonesia. Saya merasakan, betapa perjuangan ibu dalam mendidik dan menopang ekonomi keluarga sangat berarti. Saat ini, pemerintah punya banyak program ekonomi mikro bagi perempuan yang diharapkan dapat menopang kehidupan keluarga dan meningkatkan peran ekonomi perempuan,” jelas Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo mendorong seluruh perempuan dan aktivis peduli perempuan untuk terus bekerja bersama pemerintah membangun potensi perempuan. “Saya keliling ke daerah-daerah dan melihat betapa pekerjaan besar masih banyak, terutama dalam pemberdayaan perempuan yang harus diselesaikan. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri harus dibantu, terutama oleh aktifis-aktifis yang dekat dengan masyarakat,” tambah Presiden Joko Widodo.

Selamat, terus maju perempuan Indonesia!

Emy T/Journalist/ VM
Editor : Emy Trimahanani

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here