Harga Emas Dunia Awal Pekan Dibuka Kuat Dari Posisi Termurah 1 Bulan

1
149

(Vibizmedia-Commodity) – Memulai perdagangan komoditas logam sesi Asia awal pekan hari Senin (04/03) harga emas berusaha bangkit setelah anjlok ke posisi harga terendah dalam 1 bulan perdagangan akhir pekan lalu oleh kuatnya yield obligasi AS sehingga mengangkat nilai tukar dolar AS.

Harga emas memang dibuka lebih rendah dari akhir perdagangan sebelumnya, namun setelah dibuka investor memburu aset safe haven tersebut oleh aksi bargain hunting. Aksi investor ini juga  menerima sentimen dari posisi dolar AS yang dibuka lebih rendah, akibat pernyataan Presiden AS Donald Trump yang menekan tingginya dolar.

Harga emas spot atau emas LLG  pagi ini dibuka pada  posisi $1.293,04/t oz setelah perdagangan sebelumnya ditutup pada posisi $1.293,06 /t oz , kini harga spot berada pada posisi $1.296,36 atau alami kenaikan sebanyakn $1,15 atau 0,09 persen.  Namun untuk emas berjangka sedang retreat setelah dibuka pada posisi $1.294,55 kini berada pada posisi $1.295,75 atau menurun 0,27 persen dari posisi penutupan sebelumnya.

Akhir pekan lalu harga emas turun 1 persen ke level terendah sejak akhir Januari dan menuju penurunan mingguan terbesar dalam 6-1/2 bulan, karena dolar AS yang kuat dan juga  kenaikan perdagangan saham global sehingga mendorong sentimen perdagangan risiko.

Namun pagi ini memulai perdagangan forex, kekuatan dolar AS dalam indeks dolar dibuka lebih rendah merespon pidato Presiden AS Donald Trump hari Sabtu lalu yang kembali mengritik apa yang dilakukan ketua Fed terhadap dolar. Trump tidak ingin dolar yang tinggi membuat transaksi perdagangan dengan bangsa lain terhambat.

Untuk perdagangan selanjutnya hari ini, menurut analyst Vibiz Research Center secara teknikal harga emas cenderung akan turun pada perdagangan sesi Asia. Jika akhir sesi Asia harga emas turun ke posisi terendah akhir pekan lalu di 1290.10 maka harga emas akan semakin turun ke supportnya di 1286.24 – 1275.47. Namun jika tidak tembus dan bergerak positif, harga emas akan naik menuju resistennya di 1306.68 – 1321.39.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

1 COMMENT

  1. Investasi emas tetap merupakan pilihan sepanjang masa untuk berinvestasi jangka panjang dengan kecenderungan harga yang naik dari tahun ke tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here