Penutupan Pemerintahan AS, Akankah Terjadi Lagi?

0
107

(Vibizmedia – Economy & Business) Sentimen yang juga diperhatikan investor global saat ini adalah potensi penutupan pemerintahan AS, akankah terjadi lagi?

Namun tampaknya ada sinyal positif untuk tidak terjadi penutupan pemerintahan AS. Negosiator kongres AS mengatakan mereka mencapai kesepakatan tentatif Senin untuk mendanai pemerintah dan menghindari penutupan lagi.

Dipastikan Presiden AS Donald Trump akan memegang perjanjian keamanan perbatasan potensial di tangannya.

Empat negosiator kongres muncul dari sebuah pertemuan tentang pendanaan keamanan perbatasan Senin malam dan mengumumkan suatu perjanjian pada prinsipnya untuk mendanai pemerintah melewati tenggat Jumat tengah malam. Kelompok itu, termasuk Senator Richard Shelby, Nita Lowey, tidak segera memberikan rincian kesepakatan atau mengatakan kapan mereka akan merilis teks rancangan tersebut.

Sebuah sumber kongres mengatakan kepada CNBC bahwa itu akan menempatkan sekitar $ 1,4 miliar terhadap penghambat fisik, tetapi bukan tembok. Itu akan mencakup sekitar 55 mil pagar baru. Kesepakatan itu juga akan mengurangi batasan tempat tidur penahanan Imigrasi dan Bea Cukai sekitar 17 persen dari 49.057 saat ini menjadi 40.520, menurut sumber itu.

RUU bisa diumumkan Selasa malam atau Rabu pagi. Tapi waktunya bisa berubah.

Jika disahkan, langkah itu akan menghindari penutupan kembali yang memberikan ingatan dari penutupan parsial 35 hari pada bulan Desember dan Januari. Sekitar 800.000 pekerja federal bekerja tanpa upah. Mereka menghadapi prospek kesulitan keuangan yang lebih besar jika sembilan departemen federal, atau sekitar seperempat dari pemerintah, tutup lagi.

Selama akhir pekan, anggota parlemen dari komite konferensi yang mencoba untuk membagi kesepakatan pendanaan menunjukkan keraguan tentang mencapai kesepakatan untuk mencegah penutupan. Pertemuan Senin dipandang sebagai upaya terakhir untuk membuat pembicaraan kembali ke jalurnya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here